Pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester genap terdapat materi menulis naskah drama. Materi menulis naskah drama merupakan pembelajaran sastra yang harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, peneliti menemukan kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan di sekolah membuat siswa hanya belajar mendengarkan, memperhatikan, dan mengerjakan yang diinstruksikan oleh pendidik. Oleh karena itu, siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar khususnya materi keterampilan menulis naskah drama. Berdasarkan hal tersebut, siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan dapat mendukung proses pembelajaran dalam mencapai tujuan dan indikator pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkah produk media “wayang karakter” untuk keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII. Metode pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang memiliki empat tahap. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk media pembelajaran “wayang karakter” yang telah dinilai oleh responden dan mendapatkan kriteria layak diimplementasikan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2021