cover
Contact Name
Agus Yulianto
Contact Email
pej@unublitar.ac.id
Phone
+6287867104193
Journal Mail Official
pej@unublitar.ac.id
Editorial Address
Jalan Masjid 22, Kota Blitar, Jawa Timur
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Patria Educational Journal
ISSN : 28094298     EISSN : 28093178     DOI : https://doi.org/10.28926/pej
Core Subject : Education,
Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah hasil penelitian empiris, kajian dan ulasan yang berkualitas di bidang pendidikan karya oleh para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia.
Articles 76 Documents
Validasi Media Pembelajaran Pabio (Puzzel Biografi) untuk Keterampilan Menulis Teks Biografi Kelas X Mutamimatul Khusna; Agus Hermawan
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.353 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran Pabio (Puzzle Biografi) untuk siswa kelas X. puzzle adalah permainan yang terdiri dari potongan gambar-gambar, kotak-kotak, huruf-huruf atau angka-angka yang disusun seperti dalam sebuah permainan yang akhirnya membentuk sebuah pola tertentu sehingga membuat pesertadidik menjadi termotivasi untuk menyelesaikan puzzle secara tepat dan cepat. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari penilaian ahli, guru, dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah dua ahli, satu guru, dan tiga belas siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen pengumpulan data berupa validasi ahli, lembar penilaian guru, dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pabio (Puzzle Biografi) layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan validasi ahli, penilaian guru, dan respon siswa presentase skor ahli media sebesar 89%, ahli materi sebesar 93,75%, guru/praktisi sebesar 89%, respon siswa sebesar 92,22%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi skor yang diperoleh, semakin baik pula hasil kevalidan media pembelajaran tersebut.
Pengembangan Media Wayang Karakter untuk Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII Moh Sulkhi Widodo; Sri Utami
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.45 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i1.62

Abstract

Pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester genap terdapat materi menulis naskah drama. Materi menulis naskah drama merupakan pembelajaran sastra yang harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, peneliti menemukan kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan di sekolah membuat siswa hanya belajar mendengarkan, memperhatikan, dan mengerjakan yang diinstruksikan oleh pendidik. Oleh karena itu, siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar khususnya materi keterampilan menulis naskah drama. Berdasarkan hal tersebut, siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan dapat mendukung proses pembelajaran dalam mencapai tujuan dan indikator pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkah produk media “wayang karakter” untuk keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII. Metode pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang memiliki empat tahap. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk media pembelajaran “wayang karakter” yang telah dinilai oleh responden dan mendapatkan kriteria layak diimplementasikan dalam pembelajaran.
Pengembangan Video Tutorial Teknik Serangan Pencak Silat Menggunakan Pacing Pad untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahyu Hardianto; Istina Atul Makrifah
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.159 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i1.63

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall (1983), Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket, Observasi, Dokumentasi. Selanjutnya di uji cobakan dalam skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian Berdasarkan hasil skor evaluasi pertama dari ahli media,ahli pencak silat, dan guru PJOK dapat diketahui bahwa presentasi dari hasil angket uji coba produk tersebut masuk kategori sangat valid dengan prsentase 86 – 100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa uji coba produk berhasil atau video tutorial teknik serangan pencak silat layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
Pengembangan Media Shock Box untuk Mengidentifikasi Informasi Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas VII Ainur Rohmah; Sri Utami
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1179.749 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i1.64

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang secara khusus untuk mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat dinas. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Uji validasi dilakukan oleh 2 dosen, uji kepraktisan oleh guru bahasa Indonesia, dan uji kemenarikan oleh siswa kelas VII. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan melalui angket dan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media shock box untuk mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat dinas adalah aspek tampilan media, ahli media diperoleh 95%, ahli materi 97,2%, dan siswa 89,84%. Aspek penyajian media, ahli media 100%, ahli materi 100%. Aspek ketepatan media, ahli media 90%. Aspek ketertarikan media, siswa 92,19%. Aspek kesesuaian materi, ahli materi 100%. Aspek penyampaian materi, ahli materi 95%. Aspek materi, guru 89,29%, siswa 91,41%. Berdasarkan pemaparan hasil kategori tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Tempat Bersejarah Bermuatan Pendidikan Karakter Nasionalisme pada Siswa Kelas VII Nilna Munafaida; Agus Hermawan
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.793 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i1.65

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar, ditemukan beberapa karakter yang perlu ditanamkan kepada siswa. Salah satunya adalah karakter nasionalisme atau rasa cinta terutama pada tempat bersejarah di daerahnya. Hal tersebut didukung dengan kurangnya wawasan siswa dalam hal eksplorasi tempat bersejarah di Blitar serta lingkup sekolah yang berada di Boarding school. Oleh karena itu, perlu penanaman karakter nasionalisme terhadap siswa. Salah satunya melalui proses pembelajaran dengan menyisipkan pendidikan karakter nasionalisme pada teks deskripsi yang memiliki tujuan menggambarkan suatu objek secara detail. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan produk bahan ajar teks deskripsi tempat bersejarah bermuatan pendidikan karakter nasionalisme. Penelitian ini didasarkan pada model penelitian R&D dengan menerapkan 5 langkah awal dari 10 langkah Borg & Gall (1989). Penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif sederhana. Data kuantitatif berupa skor penilaian validator ahli, guru bahasa Indonesia, dan peserta didik. Data kualitatif berupa komentar yang dikemukakan oleh validator ahli dan guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar teks deskripsi tempat bersejarah di Blitar bermuatan pendidikan karakter nasionalisme yang telah dinilai oleh responden dengan kualifikasi sangat layak, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.
PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN ONLINE BOLA BESAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 GARUM KABUPATEN BLITAR Nadhif Alief Nurhadi
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v1i1.66

Abstract

Bahan ajar e-modul pembelajaran online bola besar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di masa pandemi covid-19 sebagai sumber belajar yang efektif dan efisien dalam membantu pembelajaran daring/online. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall melalui 10 tahapan yang sudah dimodifikasi menjadi 7 tahapan. Pada tahap validasi produk dilakukan 2 validator, ahli media dan materi. Selain itu responden penelitian guru dan peserta didik. Instrumen yang digunakan, Wawancara, Observasi, Lembar Validasi Produk, dan Lembar Kuesioner responden. Hasil penelitian e-modul pembelajaran online bola besar menunjukkan hasil penilaian memenuhi kriteria “Valid”, dan kategori penilaian “Layak” dan “Sangat Layak” sehingga dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran online bola besar di SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar.
Pengembangan Media KBB (Kantong Bunga Berhadiah) untuk Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Peta Pasang Kata pada Siswa Kelas VIII MTs Syafa'ah Khoirul Inayah; Sri Utami; Agus Hermawan
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 Desember 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.775 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i2.70

Abstract

Penelitian dilaku kan berdasarkan hasil wawancara di lapangan, menyatakan bahwa kurangnya menggunakan media pada saat pembelajaran menulis puisi, sehingga peserta didik sangat pasif dan kurang mampu mengembangkan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi, Berdasarkan permasalahan tersebut, siswa membutuhkan media yang tepat dan menarik dalan pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini, untuk mengembangkan produk media KBB (Kantong Bunga Berhadiah) dengan teknik peta pasang kata untuk pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs. Media KBB (Kantong Bunga Berhadiah) merupakan media visual yang merujuk pada konsep kantong saku pada umunya, akan tetapi dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Media KBB dikembangan melalui beberapa aspek, meliputi aspek tampilan media, aspek konten media, aspek penyajian media, aspek manfaat media, aspek kesesuaian materi,dan aspek kebahasaan yang dinilai oleh ahli materi, ahli media, praktisi/guru, dan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian dan pengembagan ini adalah model 4-D yang terdapat empat tahapan yang meliputi, define, design, develop, dan disseminate. Penilaian kelayakan media pembelajaran berdasarkan angket yang disebar peneliti dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi/guru, dan siswa. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan skor 91,6%, ahli media mendapatkan skor 72,3%, praktisi/guru mendapatkan skor 96,8%, dan dari siswa mendapatkan skor 99,1%, sehingga produk media KBB (Kantong Bunga Berhadiah) dengan teknik peta pasang kata masuk pada kategori layak diimplementasikan pada pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs.
Pengembangan Media Puzzle pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V di SDN Sidodadi 3 Garum Blitar Ana Nurul Laili; Aang Yudho Prastowo; Fathul Niam
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 Desember 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.566 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i2.74

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Sidoda 3 Garum Blitar. terdapat kendala-kendala dalam proses pembelajaran, sehingga siswa belajar hanya mendengar penjelasan dari guru yang hanya memakai buku lembar kerja siswa dan gambar yang ada di buku tanpa melibatkan media dalam proses pembelajaran. Menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dipelajari karena kurangnya melibatkan media dalam proses mengajar. Oleh sebab itu dibutuhkan media pembelajaran yang memadai, diantaranya yaitu puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan & kevalidan dari media puzzle dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem organ pencernaan manusia kelas V SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Reseach & development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu ada 5 tahapan: analisis (Analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implememntasi (implementation), & evaluasi (evaluation). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi serta lembar angket yang berupa instrument penilaian yang kemudian diberikan kepada validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru, dan siswa guna memberikan nilai serta kritik dan masukan terhadap materi dan media yang telah dirancang agar lebih diperbaiki. Dengan angket tersebut peneliti dapat mengetahui persentase tingkat validasi media. Berdasarkan validasi angket, observasi, dan wawancara bersama siswa dan guru yang telah dilakukan, Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi memperoleh nila sebesar 95%. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 87.5%. Hasil dari validsasi ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 88,8%. Hasil respon siswa terhadap pengembangan media memperoleh nilai sebesar 96%. Hasil respon guru terhadap pengembangan media memperoleh nilai sebesar 93%. dengan kategori sangat praktis. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa media puzzle sistem organ pencernaan manusia pada materi IPA kelas V di Sekolah Dasar sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Pengembangan Mosbee (Monopoli Sumber dan Bentuk Energi) Materi Sumber dan Bentuk Energi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III UPT SDN Banggle 02 Kabupaten Blitar Rizki Lia Utami; Fathul Niam; Siti Rofi'ah
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 Desember 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.535 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i2.77

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana pendukung tercapainyatujuanpembelajaran.HasilwawancarapadagurukelasIIIUPTSDNBanggle 02Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan: 1) Pembelajarandaring yang dinilai membosankan, 2) Motivasi belajar siswa kelas III yangkurang, 3) Guru jarang menggunakan media yang menarik, 4) Siswa tidakaktif,5)Tidakadavariasimedia.Haliniberdampakpadarendahnyamotivasidankeaktifansiswasehinggamempengaruhihasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranMosbeesebagaipeningkatanmotivasidankeaktifanbelajarsiswa.Penelitian ini menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain,pengembangan,implementasi,danevaluasi.Pengumpulandatamenggunakanangketahlimedia,angketahlimateri,angketsiswa,danangketguru.Hasilpenelitianinimeliputivalidasiahlimediadiperolehpersentase82,69%dengankriteriavalid,validasiahlimateridiperolehpersentase 90% dengan kriteria sangat valid,keefektifan media oleh gurudiperoleh persentase sebesar 85% yang termasuk kategori sangat efektif.MediaMosbeedikatakandapatmeningkatkanmotivasidankeaktifanbelajarsiswadenganskorpeningkatanmotivasisebesar39,5%dankeaktifansebesar41%dengankategorisedang.JadipengembanganMosbeevaliddanefektif,dapatdigunakansertadapatmeningkatkanmotivasidan keaktifan belajarsiswa. Media pembelajaran merupakan sarana pendukung tercapainyatujuanpembelajaran.HasilwawancarapadagurukelasIIIUPTSDNBanggle 02Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan: 1) Pembelajarandaring yang dinilai membosankan, 2) Motivasi belajar siswa kelas III yangkurang, 3) Guru jarang menggunakan media yang menarik, 4) Siswa tidakaktif,5)Tidakadavariasimedia.Haliniberdampakpadarendahnyamotivasidankeaktifansiswasehinggamempengaruhihasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranMosbeesebagaipeningkatanmotivasidankeaktifanbelajarsiswa.Penelitian ini menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain,pengembangan,implementasi,danevaluasi.Pengumpulandatamenggunakanangketahlimedia,angketahlimateri,angketsiswa,danangketguru.Hasilpenelitianinimeliputivalidasiahlimediadiperolehpersentase82,69%dengankriteriavalid,validasiahlimateridiperolehpersentase 90% dengan kriteria sangat valid,keefektifan media oleh gurudiperoleh persentase sebesar 85% yang termasuk kategori sangat efektif.MediaMosbeedikatakandapatmeningkatkanmotivasidankeaktifanbelajarsiswadenganskorpeningkatanmotivasisebesar39,5%dankeaktifansebesar41%dengankategorisedang.JadipengembanganMosbeevaliddanefektif,dapatdigunakansertadapatmeningkatkanmotivasidan keaktifan belajarsiswa.
Pengembangan Media Vocard (Vocabullary Card / Kartu Kata) Berbasis Kearifan Lokal Materi Puisi Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah (untuk Meningkatkan Komunikatif dan Nasionalisme pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri Banggle 02 Kabupaten Blitar) Atik Maulaya; Fathul Niam; Aang Yudho Prastowo
Patria Eduacational Journal (PEJ) Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 Desember 2021
Publisher : Faculty Of Education Science and Social Universitas nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.696 KB) | DOI: 10.28926/pej.v1i2.79

Abstract

Media Vocard (vocabullary card/kartu kata) berbasis kearifan lokal adalah kemampuan komunikatif serta literasi anak yang kurang, kurangnya penggunaan media oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (Endang Mulyaningsih, 2012:200) untuk merancang sebuah sistem pembelajaran. Metode pengembangan ADDIE terdiri dari tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk ahli materi, ahli media, respon pengguna (guru) dan respon siswa. Tehnik analisis data untuk kevalidan media serta keefektifan media menggunakana skala likert, sedangkan angket respon kemampuan komunikatif dan sikap nasionalisme menggunakan skala guttman. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 81,25% dengan kriteria cukup valid dengan revisi sedikit. Hasil validasi ahli media, diperoleh presentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil data lapangan keefektifan pengguna (guru) diperoleh presentase 87,5% dengan kriteria efektif, data angket peningkatan kemampuan komunikatif diperoleh 87,5% dengan kriteria sangat tinggi, angket peningkatan sikap nasionalisme diperoleh 86,87 dengan kriteria sangat tinggi. Maka, simpulan dari penelitian menunjukkan hasil penilaian memenuhi kriteria valid dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikatif dan nasionalisme siswa,sehingga dapat dijadikan media pembelajaran di UPT SD Negeri Banggle 02 Kabupaten Blitar.