Counseling Milenial (CM)
Vol 2 No 2 (2021): June 2021

Kerjasama Antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Wali Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying

Mudaim Mudaim (Universitas Muhammadiyah Metro)
Eis Fitria Lestari (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Bullying merupakan salah satu kenakalan remaja yang biasanya terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini perlu mendapat perhatian dari guru dan komponen sekolah lainnya dalam mengangani permasalahan terkait bullying Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerjasama antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Wali Kelas dalam mengatasi bullying peserta didik SMP Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan metode observasi. Metode wawancara dipergunakan untuk menemukan data yang akurat dari subyek penelitian terkait dengan kerjasama antara guru Bimbingan dan Konseling dan wali kelas dalam mengatasi perilaku bulying peserta didik. Sedangkan yang peneliti wawancarai adalah guru Bimbingan dan Konseling dan wali kelas di SMP Negeri 1 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Berdasarkan dari hasil analisis diketahui bahwa perlaku bullying yang dilakukan oleh peserta didik, masih tergolong ke dalam bullying ringan. Untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik tersebut sebaiknya diperlukan hubungan kerjasama yang bersinergi antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan wali kelas dalam mengatasi perilaku bullying peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

konselor

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Counseling Milenial (CM) Jurnal bimbingan dan konseling mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Muhammadiyah Metro lebih berpusat kepada ilmu pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Psikologi dan Psikologi Pendidikan. As well as the study of psychology education and other relevant guidance and ...