Counseling Milenial (CM)
Vol 3 No 1 (2021): December 2021

Pengembangan E-Modul Etika Penggunaan Media Sosial

Satrio Budi Wibowo (Universitas Muhammadiyah Metro)
Filipus Davin (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-modul etika bermedia sosial. Penelitian ini merupakakan penelitian pengembangan, pengembangan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengembangan media E-Modul Bermedia Sosial. Pengembangan media pembelajaran modul ini mengadopsi pada metode 4D ( Define, Design, Develop, Desseminate). Dalam penelitian ini, dilakukan pengembangan media mengikuti langkah-langkah atau prosedur pengembangan 4D. Instrumen validasi dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pedoman skor menggunakan skala likert 1-5. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan maka dalam penelitian ini menghasilkan produk berupa E-modul. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan 4D atau diadaptasi model 4-P terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, hingga penyebaran. Tahap sebagai pengembangan e-modul etika penggunaan media sosial. E-modul etika penggunaan media sosial termasuk dalam katagori Sangat Layak untuk di gunakan dari hasil penilaian 8 ahli.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

konselor

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Counseling Milenial (CM) Jurnal bimbingan dan konseling mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Muhammadiyah Metro lebih berpusat kepada ilmu pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Psikologi dan Psikologi Pendidikan. As well as the study of psychology education and other relevant guidance and ...