Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 5, No 2 (2021)

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP terhadap mata pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Google Classroom

Meriyanti Meriyanti (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)
Rina Hidayati Pratiwi (Universitas Indraprasta PGRI)
Efri Gresinta (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)
Endang Sulistyaniningsih (Program Studi S-1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan llmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2021

Abstract

Di era saat ini siswa kurang mendalami pembelajaran yang didapat, salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya inovasi dalam media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang proses pembelajaran.. Penggunaan media pembelajaran google classroom diharapkan dapat merangsang keterlibtan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menjadi solusi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir kritis IPA melalui penggunaan media google classroom di SMP Lamaholot Cengkareng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis kualitatif Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Lamaholot Cengkareng yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan tes deskripsi yang berupa tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Lamaholot Cengkareng memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi dengan rata- rata 86,8 dengan indikator tertinggi adalah strategi dan taktik dengan persentase 92% sedangkan indikator terendah adalah menarik kesimpulan dengan persentase persentase 80, 25%.Keywords: Berpikir Kritis, Google Classroom, IPA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...