Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Vol 6, No 3 (2021)

Analisis Sikap dan Konsep Diri Siswa terhadap Matematika (Studi Survei pada Siswa MTs Se-Kabupaten Kerinci)

Dela Kristia (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Mhmd Habibi (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Yatti Fidya (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Aan Putra (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Sikap dan konsep diri siswa memiliki peranan penting terhadap prestasi belajar siswa, karena sikap dan konsep diri siswa dapat berpengaruh pada kemampuan matematika siswa. Berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) selama kurun waktu 15 tahun menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia masih rendah dan berada dibawah rata-rata. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sikap dan konsep diri siswa terhadap matematika (Studi Survey pada Siswa MTs Sekabupaten Kerinci). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, dengan jenis penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN yang berjumlah 952 orang dengan sampel 90 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purvosive sample. Hasil analisis penelitian sikap siswa MTs sekabupaten Kerinci terhadap matematika berada di kategori rendah dengan frekuensi paling banyak yakni 51 orang dengan presentase 56,7% di ikuti dengan kategori sedang dan yang terakhir kategori tinggi. Dan konsep diri siswa MTs sekabupaten Kerinci terhadap matematika berada di kategori rendah dengan frekuensi paling banyak yakni 52 orang dengan presentase 57,8% di ikuti dengan kategori sedang dan yang terakhir kategori tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan ...