Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Vol 6, No 3 (2021)

Analisis Kontruksi Pengetahuan Berdasarkan Teori APOS Materi Teorema Pythagoras Pada Pembelajaran Model ICARE

Dewi Purnama Sari (Universitas Pamulang)
Gerry Sastro (Universitas Pamulang)
Yana Yana (MTs Al-Khairiyah)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontruksi pengetahuan teorema pythagoras dalam pemecahan masalah serta tingkat pencapaian kompetensi dengan pembelajaran model ICARE. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan serta diambil 3 siswa dalam mendeskripsikan kontruksi pengetahuan dalam pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test uraian pemecahan masalah, wawancara semi terstruktur.. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran ICARE sangat efektif dalam mencapai ketuntasan kompetensi materi pythagoras dengan 66,7%. Responden 1 mampu mengkontruksi pengetahuan dalam proses pemecahan masalah dengan tahapan aksi, proses, objek dan skema. Responden 2 mampu mengkontruksi pengetahuan sampai tahapan objek. Sementara responden 3 hanya melalui tahapan aksi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan ...