Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Vol 6, No 3 (2021)

Implementasi Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Matematika

Ahmad Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran make a match terhadap metakognisi siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah SMPN di Kecamatan Praya kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen tes yang berbentuk soal esay dan angket. Setelah data terkumpul data dianalisi menggunakan rumus ANOVA satu jalan. Dari hasil analisis data, maka dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian yaitu metakognisi siswa dengan kriteria tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada metakognisi siswa dengan kriteria sedang dan rendah. Artinya pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran make a match memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap meta kognisi siswa maupun terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan ...