Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 6, No 2 (2021): Oktober

IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN PASCA SURAT EDARAN NOMER 15 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PEMBELAJARAN DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT PANDEMI COVID-19

Husnan, Ahmad Helwani, Nurjannah Husnan, Ahmad Helwani, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Abstrak:Proses belajar di masa pandemi covid -19 bukan alasan untuk tidak belajar meski kegiatan berkumpul dilarang oleh pemerintah. Untuk menghentikan mata rantai penularan virus ini, setiap orang harus menjaga jarak dengan orang lain. Dengan demikian proses pembelajaran di sekolah ditiadakan demi menjaga keamanan bersama. Selanjutnya, pemerintah kemudian mengeluarkan surat edaran tentang tata cara belajar mengajar untuk menghindari keramaian dan tatap muka di dalam kelas. Tetap berada dirumah merupakan satu-satunya solusi pada saat pandemi covid 19, oleh karena itu proses pembelajaran tetap  dilaksanakan walaupun dari rumah atau tempat tinggal siswa. Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 4 Tahun 2020tentangPelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID 19) Pembelajaran jarak jauh atau learning from home menjadi pilihan dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai media pembelajaran. Metode pembelajaran di dalam jaringan atau di luar jaringan digunakan oleh guru. Belajar dari rumah (BDR) adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa dengan menggunakan internet karena guru dan siswa tidak berada dalam satu tempat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran pasca surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman pembelajaran dari rumah dalam masa darurat covid 19. Abstract: The learning process during the covid -19 pandemic is not an excuse not to study even though gathering is prohibited by the government. To stop the chain of transmission of this virus, everyone must keep their distance from others. Thus the learning process at school is abolished in order to maintain mutual safety. Furthermore, the government then issued a circular on teaching and learning procedures to avoid crowds and face to face in classrooms. Distance learning or learning from home is an option by utilizing digital technology as a learning medium. In-network or off-network learning methods are used by teachers. Learning from home (BDR) is a learning process carried out by teachers and students using the internet because teachers and students are not in one place. This study uses a qualitative approach in the process of collecting data from the field. The data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation. After this research was carried out at Madrasah Aliah Attahzib, the researchers found that the learning process carried out in this Madrasa after the issuance of the circular letter of the ministry of education and culture number 15 of 2020 regarding the learning process from home was divided into three phases. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...