Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 1: Januari 2022

ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK DISKALKULIA

Tustiyana Windiyani Yani (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia di SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah salah satu peserta didik yang berasal dari SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022. Tata cara pengumpulan data dan pencatatan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi (pengambilan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmalitas untuk memperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia di SDN Sawangan 01 Menunjukan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia yaitu, faktor internal dan eksternal, berasal dari dalam diri peserta didik yang kurang minat belajar apalagi terhadap matematika, ketidak mampuan peserta didik mengerjakan soal matematika dalam oprasi hitung, perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan, kesulitan mengenal simbol-simbol dalam belajar matematika, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya dukungan dan motivasi dari anggota keluarga, lingkungan sekitar yang membuat dia suka bermain dan guru yang memberikan soal berbeda dengan contoh. Upaya yang dilakukan guru dalam kesulitan belajar daring yaitu mengadakan home visit agar subjek paham apa yang telah dipelajari dan memberikan motivasi dapat membangkitkan subjek dalam kesulitan belajar daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...