Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 1: Januari 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPS

Arif Rahman Hakim (Universitas Hamzanwadi)
Zalia Muspita (Universitas Hamzanwadi)
Yuniar Lestarini (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar pada muatan IPS siswa kelas IV di SD Negeri 3 Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group ptetest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 20 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Borok Toyang. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t dengan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,8745>0,1734) hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar pada muatan IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...