SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 5, No 1 (2021): Desember

PENDAMPINGAN MANAJEMEN PEMASARAN DENGAN MEMANFAATKAN IPTEKS PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UKM) TERDAMPAK COVID-19

Rismawati Rismawati (Muhammadiyah University of Palopo)
Zikra Supri (Universitas Muhammadiyah Palopo)
I Ketut Patra (Universitas Muhammadiyah Palopo)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

ABSTRAKPandemi Covid 19 berdampak pada perubahan tatanan bersosialisasi, berbisnis dan bermasyarakat. Kelompok masyarakat yang lebih kecil seperti pelaku UKM juga mengalami dampak perubahan tersebut; sehingga memerlukan bimbingan khusus untuk beradaptasi dengan kondisi yang baru. Beberapa kendala dan masalah yang muncul diantaranya adalah berkurangnya omset pelaku UKM yang disebabkan karena keterbatasan dalam melakukan inovasi dan manajemen produksi. Tujuan dari program pengabdian ini adalah meningkatkan daya saing UKM. Terselenggaranya program ini merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dan bentuk tindak kerjasama yang dilakukan universitas dengan Sentra UKM Barambing Kabupaten Luwu yang bertindak sebagai mitra. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program ini diantaranya;  pelatihan digital marketing, pelatihan Pembuatan laporan keuangan dalam bentuk modul /format praktis serta pelatihan diversifikasi dan inovasi produk (desain produk). Luaran yang dihasilkan dalam program ini, adalah terlaksananya kegiatan pelatihan  yang berdampak terbukanya peluang pasar online sehingga pemasaran produk UKM meningkat; pemahaman dan kemampuan peserta pelatihan dalam menyusun laporan keuangan; pengembangan luaran produksi dengan tampilan yang lebih menarik. Penguatan pada tiga komponen ini dapat meningkatkan omset UKM Barambing Kabupaten Luwu dalam jangka Panjang.  Kata Kunci : UKM; covid-19; inovasi; pengabdian. ABSTRACTThe Covid-19 pandemic has impacted changes in socializing, doing business, and socializing. Smaller community groups such as SMEs are also affected by these changes, requiring exceptional guidance to adapt to new conditions. Some of the obstacles and problems that arise include SMEs' reduced turnover due to limitations in innovation and production management. The purpose of this service program is to increase the competitiveness of SMEs. The implementation of this program is part of the tri dharma of higher education, namely community service and a form of cooperation carried out by the university with the Barambing SMEs Center, Luwu Regency, which acts as a partner. Some of the activities carried out in this program include; digital marketing training, training on making financial reports in the form of practical modules/formats, and training on product diversification and innovation (product design). The outputs produced in this program are the implementation of training activities that impact opening online market opportunities so that SME product marketing increases; understanding and ability of training participants in preparing financial reports; production output development with a more attractive appearance. Strengthening these three components can increase the turnover of Barambing SMEs in Luwu Regency in the long term. Keywords: SMEs; covid-19, innovation; devotion. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...