The purpose of this study was to determine the influence of teacher asking skills towards the motivation to learn social science. Data collection techniques in this quantitative study were questionnairies, observation, and literature. This research used research design with Quasi Eksperimental Design. Data analysis technique used was quantitative data analysis with hypothesis test using t-test. The result showed that tcount = 4.113 is bigger than ttable = 1.704 that the teacher asking skill can be used by the teacher in learning activities, especially social science to improve student learning motivation.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar IPS. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah angket, observasi dan kepustakaan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 4.113 lebih besar dari ttabel = 1.704 sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran khususnya Mata Pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Kata kunci: belajar ips, keterampilan bertanya guru, motivasi belajar
Copyrights © 2019