Kutubkhanah Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Vol 17, No 1 (2014): Januari - Juni 2014

ANALISIS KOMPETENSI TERHADAP PENILAIAN KINERJA DOSEN (STUDI KASUS DOSEN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

Zamharil Yahya Fitri Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2015

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan tempat penyelenggara pendidikan yang bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. Peran, tugas, dan tanggung jawab dosen sangat bermakna dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, meliputi kualitas iman dan takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Dalam melaksanakan peran, tugas dan tanggung jawabnya dosen belum bisa mencurahkan seluruh perhatiannya secara fokus seratus persen pada pekerjaannya dengan berbagai alasan sehingga peran pelayanan terhadap mahasiswa dan masyarakat belum menunjukkan standar profesional sesuai dengan jabatan fungsional. Banyak masalah penyebab kinerja dosen di Perguruan Tinggi di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik ingin meneliti dan mengevaluasi mengenai analisis kompetensi terhadap penilaian kinerja dosen (studi kasus dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang aktif disemester II, IV dan VI tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 13.698 orang dan yang menjadi sampel sebanyak 388 orang dengan menggunakan metode random sampling. Pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial secara simultan (bersama-sama) sebesar 0,653 atau 65,3 %. Ini artinya secara simultan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial berpengaruh terhadap penilaian kinerja dosen sebesar 65,3 % hal ini menunjukkan bahwa secara simultan berpengaruh signifikan. Dan pengaruh variabel kompetensi pedagogik terhadap penilaian kinerja dosen adalah sebesar 0,232 atau 23,2 %, pengaruh variabel kompetensi profesional terhadap penilaian kinerja dosen adalah sebesar 0,120 atau 12 %, pengaruh variabel kompetensi kepribadian terhadap penilaian kinerja dosen adalah sebesar 0,384 atau 38,4 %, sedangkan pengaruh variabel kompetensi sosial terhadap penilaian kinerja dosen adalah sebesar 0,183 atau 18,3 %

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Kutubkhanah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Kutubkhanah adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 1998. Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Kutubkhanah memuat kajian-kajian sosial keagamaan sebagai hasil atau ...