Global Health Science (GHS)
Vol 2, No 3 (2017): september 2017

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR DI AKBID UMMI KHASANAH

Nisa Ardhianingtyas (Akademi Kebidanan Muhammadiyah Madiun)
Hayun Manudyaning Susilo (Akademi Kebidanan Muhammadiyah Madiun)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2017

Abstract

Manusia sebagai organisme yang memiliki dorongan untuk berkembang. Perkembangan tersebut membantu pembentukan pandangan dan perasaaan terhadap kemampuan dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi belajar, 2) mengetahui hubungan metakognitif dengan prestasi belajar, 3) mengetahui hubungan konsep diri dan metakognitif dengan prestasi belajar. Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah adalah mahasiswa DIII Kebidanan Akbid Ummi Khasanah Bantul Yogyakarta dan sampel penelitian adalah mahasiswa semester II yang berjumlah 40 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan nilai UTS mata kuliah Askeb I. Analisa data menggunakan Kendall Tau dan Regresi Logistik Ordinal. Ada hubungan signifikan konsep diri dengan prestasi belajar, diperoleh nilai sig. (2 tailed)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GHS

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Global Health Science (GHS) adalah jurnal ilmiah yang memublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang kesehatan meliuti: kesehatan masyarakat, kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, keperawatan, kebidanan, teknologi kesehatan, epidemiologi, informatika kesehatan, administrasi dan kebijakan ...