Cognicia
Vol. 7 No. 4 (2019): Desember

Gambaran kematangan emosi siswa TK B yang memiliki kematangan kognitif tinggi di Sidoarjo

Ayu Rachmawati Rulidha (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Lely Ika Mariyati (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran kematangan emosi dan faktor yang mempengaruhi kematangan emosi siswa TK B yang memiliki kematangan kognitif tinggi di TK swasta di Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian berjumlah 3 orang siswa siswi TK B yang memiliki kematangan kognititf tinggi. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing subyek menunjukkan gambaran kematangan emosi yang baik dan faktor yang mempengaruhi dalam mencapai kematangan emosi bervariasi, ada yang sama dan ada pula yang berbeda. Namun penelitian ini tidak dapat mengungkap gambaran pada jenis kelamin, faktor usia perkembangan dan perubahan fisik, sebab usia anak yang relative sama, berat badan serta tinggi badan yang sesuai strandart tingkat usia juga relative sama. Implikasi untuk penelitian ini bagi siswa yang belum memiliki kematangan emosi yang tinggi di harapkan guru dan orang tua mengembangkan kematangan emosi anak dengan mempertimbangkan  karakteristik anak di antaranya yaitu kognitif anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cognicia

Publisher

Subject

Religion Humanities Neuroscience Social Sciences

Description

The scope and the focus of the journal is conceptual proposal and empirical studies in many aspects of cognitive psychology (motivation, cognition and metacognition) with the application in various field such Industrial and Organizational Psychology, Developmental Psychology, Educational Psychology, ...