Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

META ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN

Tatu Hilaliyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ike Mutia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Erwin Salpa Riansi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerpen. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal yang terkait dengan permasalahan yang akan diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih efisien. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen bertujuan untuk menguji keefektifan dan mengembangkan pembelajaran dengan presentase 60%, media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen lebih efektif menggunakan desain penelitian eksperimen dengan presentase 60%, media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen lebih tepat di terapkan pada siswa tingkat SMA/Sederajat dengan presentase 60%, dan media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen lebih tepat menggunakan metode atau teknik pengumpulan data dalam bentuk tes dengan presentase 70%.

Copyrights © 2021