Keberhasilan dalam pembelajaran dalam jaringan dipengaruhi oleh materi, strategi, dan media yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan media belajar harus dilakukan dengan penuh pertimbangan karena hal tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi materi dan strategi pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMA yang digunakan untuk pembelajaran dalam jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan model analisis penelitian data Strauss dan Corbin. Data dalam penelitian ini berupa materi dan strategi yang dipilih guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam jaringan di kelas XII SMA Islam Karangrangrayung. Pembelajaran yang diambil melalui buku tugas dan materi yang dipakai dalam pembelajaran yang dijadikan sebagai data penelitian. Analisis model Strauss dan Corbin (grounded therory) yang dibagi dalam tiga jenis pengodean utama yaitu pengodean terbuka (opening coding), pengodean berporos (axias coding), dan pengodean selektif (selective coding). Hasil dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan berbagai materi dan strategi yang dipergunakan untuk pembelajaran serta relevansi dari materi dan strategi yang telah dipilih untuk membantu guru menyampaikan materi secara online.
Copyrights © 2022