Indonesian Journal of Primary Education
Vol 5, No 2 (2021): Indonesian Journal of Primary Education

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 12 Singkawang

Sari, Mardiana (Unknown)
Sarah, Siti (Unknown)
Sulistri, Emi (Unknown)
Hendriana, Evinna Cinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Salah satu  model pembelajaran yang menarik dan mampu mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran  mind mapping. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping terhada hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA materi bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk posttest only kontrol design. Sampel diambil secara acak, jumlah masing-masing dikelompokkan menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 12 Singkawang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa antara kelas yang diberikan model pembelajaran mind mapping dengan kelas yang diberikan pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPA materi bunyi, hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai    untuk α = 5% dan dk = 46. (2) Model pembelajaran mind mapping memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi bunyi, hasil perhitungan effect size pada penelitian ini adalah   0,8 berada dikriteria tinggi. (3) Terdapat respon yang positif terhadap model pembelajaran mind mapping, hasil perhitungan persentase respon siswa menunjukan rata-rata 84% berada dikategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa serta memudahkan siswa dalam memahami materi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...