Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo)
Vol 1 (2019): Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo)

Karakteristik Lelah Besi Cor Kelabu Terhadap Hasil Penambahan Silisium Melalui Metode Open Ladle

Arnold A.I. Litaay (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia)
I M.W. Ekaputra (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

Pada penelitian ini, karakteristik lelah besi cor kelabu diteliti pengaruhnya terhadap penambahan 2.9% dan 3.8% silisium (Si). Pengujian lelah dilakukan dengan mengikuti standar ASTM E-466. Spesimen uji lelah yang digunakan berbentuk silinder dengan panjang ukur (gauge length) 48 mm dan diameter sebesar 6 mm. Penentuan beban awal pengujian lelah ditentukan sebesar 80% dari kekuatan tarik besi cor. Dari hasil pengujian diperoleh tren kekuatan lelah yang meningkat seiring dengan meningkatnya kuantitas penambahan Si. Besi cor dengan penambahan 3.8% Si memiliki umur lelah yang lebih tinggi dibandingkan dengan penambahan 2.9% Si. Peningkatan ini terjadi akibat jumlah grafit yang terbentuk akibat peningkatan jumlah Si menjadi semakin kecil ukurannya dan semakin terdistribusi secara merata. Hal ini mengakibatkan besi cor mampu menahan perambatan retak yang terbentuk akibat terhalang oleh penghalang retakan berupa grafit tersebut. Seiring peningkatan kekuatan lelah dan umur lelah, penambahan jumlah Si pada besi cor kelabu juga meningkatkan batas lelah hampir sekitar 10%. Batas lelah untuk besi cor dengan penambahan 3.8% berada pada rasio kekuatan lelah (S) terhadap kekuatan tarik (Su) sebesar 0.55, sedangkan pada penambahan 2.9% berada pada rasio S/Su sebesar 0.50.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

senastindo

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Mechanical Engineering Other

Description

Semua inovasi yang berguna dan berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap inovasi nasional yang lebih bermutu dengan intisari tidak terbatas pada teknologi apapun, baik yang mengenai Databases System, Data Mining/Web Mining, Datawarehouse, Artificial Integelence, Business Integelence, ...