Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak khususnya jenis fixed wing banyak digunakan untuk melaksanakan berbagai misi, yaitu misi sipil maupun misi militer. Untuk mendukung pelaksanaan misi tersebut maka diperlukan pengembangan sistem kendali otomatis (autopilot) cerdas. Pada penelitian ini dikembangkan sistem autopilot dengan kendali adaptif neuro fuzzy PID untuk pengendalian gerak lateral (pitch) dan gerak longitudinal (roll), dengan mengambil keunggulan dari kendali PID, fuzzy dan neural network, sehingga dapat dibentuk kendali yang kokoh dan dapat menangani kondisi yang tidak linier yang dialami oleh pesawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa kendali adaptif neuro fuzzy PID pengendali gerak longitudinal dan gerak lateral pada pesawat tanpa awak fixed wing. Kendali adaptif neuro fuzzy PID mampu mengendalikan gerak lateral dan gerak longitudinal pesawat dan mampu mengkompensasi adanya gangguan dari faktor lingkungan yang dialami oleh pesawat pada saat terbang, seperti perubahan arah dan kecepatan angina yang menyebabkan perubahan sikap pesawat. Pengujian dilakukan menggunakan wahana pesawat jenis Sky Surfer. Karakteristik pengendalian kendali adaptif neuro fuzzy PID pada gerak lateral dan longitudinal relatif sama. Kendali adaptif neuro fuzzy PID mempunyai performa yang lebih baik daripada kendali fuzzy PID, yaitu mempunyai settling time lebih cepat dan mempunyai prosentase overshoot maksimum lebih rendah diripada fuzzy PID.
Copyrights © 2021