Bali Dental Journal
Vol. 1 No. 2 (2017): June 2017

Kebutuhan perawatan periodontal pada remaja usia 15-18 tahun di SMAN Semarapura, Klungkung

R R Siti Subaningsih Sekar Sumarsono Wilis (Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana)
Putu Lestari Sudirman (Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana)
A A Sagung Sawitri (Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2017

Abstract

ABSTRAK : Penyakit periodontal merupakan masalah kesehatan rongga mulut yang diawali oleh akumulasi lokal dari mikroorganisme (dental plaque) beserta produk metabolisnya. Tingkat keparahan penyakit bervariasi pada anak-anak dan remaja, namun cenderung meningkat seiring dengan masa pubertas. Tujuan Penelitian: mengetahui kebutuhan perawatan periodontal pada remaja usia 15-18 tahun di SMAN 1 Semarapura, Klungkung. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 107 remaja (55 orang laki-laki dan 52 orang perempuan), diperoleh melalui metode consecutive sampling. Pemeriksaan dan penilaian terhadap kondisi jaringan periodontal dilakukan menggunakan kaca mulut, WHO Periodontal Examining Probe, serta formulir pemeriksaan, yang selanjutnya dievaluasi dengan metode Community Periodontal Index of Treatment Needs (CPITN). Hasil: Sebanyak 13 orang (12,1%) memiliki jaringan periodontal yang sehat, 4 orang (3,7%) mengalami perdarahan, 70 orang (65,4%) dengan kalkulus, 19 orang (17,8%) dengan kedalaman pocket ≤5 mm, dan 1 orang (0,9%) dengan kedalaman pocket ≥6 mm. Seluruh remaja dengan perilaku merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam enam bulan terakhir, memiliki masalah dengan kondisi jaringan periodontalnya dan kalkulus merupakan masalah yang paling banyak ditemukan. Kesimpulan: perawatan periodontal yang paling dibutuhkan oleh remaja di Kabupaten Klungkung berdasarkan skor CPITN adalah edukasi instruksi kesehatan mulut dan scaling.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bdj

Publisher

Subject

Dentistry

Description

The topics covered by the Bali Dental Journal include all fields of basic and clinical dentistry. Some manuscripts focusing on the study of certain endemic diseases such as dental caries and periodontal diseases in particular regions of any country as well as oral pre-cancers, oral cancers, and oral ...