Penerimaan diri mengacu pada kualitas pribadi yang relatif stabil, dimana siswa memiliki kesadaran diri untuk menghargai karakter positif mereka dan mengembangkan potensinya. Ketika peristiwa negatif terjadi pada dirinya, mereka tetap bangga menerima dirinya tanpa syarat. Penggunaan Teknik bermain dalam bimbingan kelompok diharapkan dapat meningkatkan penerimaan diri siswa. Penelitian bertujuan untuk menguji efektivitas teknik permainan untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas VIII SMP Kartika XIX 2 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan Two Group Pretest-Posttest Design menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartika XIX 2 Bandung tahun ajaran 2014/2015.sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Kartika XIX 2 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa angket, yaitu alat ukur penerimaan diri dan jurnal harian siswa. Teknik analisis data untuk menguji keefektifan intervensi menggunakan analisis statistik uji nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan teknik permainan tidak efektif untuk meningkatkan penerimaan diri (Self Acceptance). Rekomendasi ditujukan kepada kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan peneliti selanjutnya.Kata Kunci : penerimaan diri, teknik permainan,ABSTRACT Self-acceptance refers to the personal qualities that are relatively stable, where students have the self-awareness to appreciate their positive character and develop their potency. While negative events happen to them, they still proudly accept themselves unconditionally. The use of games in group counseling is expected to improve students’ self-acceptance. This study aims to test the effectiveness of games to improve self-acceptance of eighth grade students of Junior High School Kartika Bandung XIX 2 Academic Year 2014/2015. The method used was quasi experiment, with Two Group Pretest-Posttest Design by using simple random sampling technique. The population in this study was all eighth grade students of Junior High School Kartika XIX 2 Bandung academic year 2014 / 2015 while the sample of research was eighth grade of A and eighth grade of B. The data was collected by using questionnaire and student’s daily journals, which is measuring tools of self-acceptance. The technique to test the effectiveness of intervention is statistical analysis nonparametric tests. The result shows that games can improve students’ self-acceptance although it is not significant. The recommendation is addressed to the principal, school counselor, and further researcher.Keywords: self-acceptance, games, group counseling
Copyrights © 2015