Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 4, No 1 (2021)

Instagram sebagai Pembentuk Citra Diri Generasi Milenial Jakarta

Clarissa Maureen (Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jl. KH Mas Mansyur Kav. 35, Jakarta 10220, Indonesia)
Yolanda Stellarosa (Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jl. KH Mas Mansyur Kav. 35, Jakarta 10220, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Berkembangnya media sosial memudahkan masyarakat atau para penggunanya dalam melakukan komunikasi tanpa batas ruang dan waktu. Instagram merupakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh generasi milenial saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penggunaan media sosial Instagram dalam pembentukan citra diri generasi milenial di Jakarta dengan menggunakan  teori interaksi simbolik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara yang dilakukan di Jakarta kepada empat perwakilan generasi milenial sebagai informan utama dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membentuk citra dirinya di media sosial Instagram, generasi milenial menciptakan simbol-simbol seperti melalui tone warna pada foto-fotonya dan gaya bahasa yang santai sehingga terbentuklah sebuah citra tertentu; bahwa generasi milenial merupakan seorang individu yang unik, percaya diri, kreatif, dan connected di mana mereka mampu berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...