Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 3 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK

Puspandaru Aryani Syafitri (Universitas PGRI Semarang)
Aurora Nur Aini (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Concept Attainment dan Mind Mapping berbantuAdobe Flash CS6 terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika SMK. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang tahun pelajran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga didapat tiga kelas secara acak. Data diperoleh melalui hasil tes soal uraian kemudian diolah dan diuji dengan uji ANAVA, uji Scheffe’, uji ketuntasan belajar, dan uji regresi linear sederhana. Data hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Concept Attainment,Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6, dan model Konvensional,(2) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Concept Attainment berbantu Adobe Flash CS6lebih baik dari siswa yang menggunakan model Konvensional, (3) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Mind Mapping  berbantu Adobe Flash CS6lebih baik dari siswa yang menggunakan model Konvensional, (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan modelConcept Attainmentberbantu Adobe Flash CS6dengan model Mind Mapping  berbantu Adobe Flash CS6, (5) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan modelConcept Attainmentberbantu Adobe Flash CS6dan Mind Mapping  berbantu Adobe Flash CS6 mencapai KKM, (6) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Concept Attainmentberbantu Adobe Flash CS6dan model Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...