Educatif: Journal of Education Research
Vol 5 No 1 (2023): January

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model PBL dalam Muatan IPA pada Siswa Kelas V

Anita Wibawanti (Universitas Negeri Yogyakarta
SDN Temon Kulon)

Mukhamad Murdiono (Universitas Negeri Yogyakarta)
Tri Muryati (SDN Giwangan)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Negeri Temon Kulon tahun pelajaran 2020/2021 dalam muatan pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, dan (3) refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan non tes. Teknik pengumpulan non tes yang berupa observasi siswa dan peneliti serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam muatan pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Temon Kulon. Hasil tes keterampilan berpikir kritis pada tahap pra siklus menunjukkan rata-rata 56,67 dengan ketuntasan 16,67% (2 siswa). Hasil tersebut meningkat pada siklus I menjadi 65,63 dengan ketuntasan 50% (6 siswa). Rata-rata kelas pada siklus II meningkatkan menjadi 81,88 dengan persentase ketuntasan mencapai 83,33% (sudah mencapai kriteria minimal).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...