Health Information : Jurnal Penelitian
Vol 13 No 2 (2021): Juli-Desember

Kajian Literatur Sistematis Faktor Psikososial yang Berhubungan dengan Risiko Psikososial pada Pekerja

Lena Tresnawati (Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia)
Dadan Erwandi (Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Stres merupakan bentuk risiko psikososial, yakni respon fisik maupun mental akibat ketidakseimbangan antara tuntutan dengan kemampuan. Selain faktor pekerjaan, sumber stres juga dapat berasal dari faktor individu, sosial, dan keluarga. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang dapat meningkatkan risiko psikososial di tempat kerja dengan menggunakan pedoman Preferred Reporting Items for Systematic Reviews & Meta Analyses (PRISMA) sebagai metode pengumpulan, dan penulisan hasil kajian. Database yang digunakan dalam pencarian data dan informasi adalah PubMed dan Science Direct. Kata kunci yang digunakan adalah work stress, job stress, mental health, occupational stress, work conflict, dan psychosocial risk. Diperoleh 244 studi pada pencarian awal, namun hanya 25 studi yang masuk kriteria. Faktor yang berhubungan dengan risiko psikososial pada pekerja adalah jenis kelamin, tingkat pendidikan, tekanan kerja, dukungan sosial, aktivitas fisik, jam kerja, kepuasan kerja, dan konflik keluarga-pekerjaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HIJP

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Health Information : Jurnal Penelitian adalah jurnal kesehatan yang bersifat mandiri, amanah, rasional, akuntabel dan global yang berisi hasil penelitian dengan metode kuantitatif dan ...