Syntax Idea
Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea

Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Nikmatnya Shalat, Indahnya Hidup Melalui Pendekatan Kontekstual Kooperatif Team Assisted Individualization

Apriyani Apriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih Nikmatnya Shalat Indahnya hidup siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung melalui pembelajaran pendekatan kontekstual Kooperative Team Assisted Individualization dan mengetahui seberapa besar kenaikan hasil belajar tersebut. Kooperatif Learning merupakan model pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok dan bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah.Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung pada pokok bahasan Nikmatnya Shalay Indahnya hidup. Penelitian tindakan ini dilaksanakan tiga siklus, dari hasil analisis diperoleh bahwa Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual Kooperatif Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dari 68,93 menjadi 74,20 pada siklus II atau meningkat 7,64%, pada siklus III 80,07 atau meningkat 7,91%. Rata-rata ketuntasan kelas meningkat pada siklus I dari 66,67 menjadi 76,67 pada siklus II atau meningkat 15%, pada siklus III menjadi 93,33 atau meningkat 21,74%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

syntax-idea

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT

Description

Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan ...