cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
syntaxidea@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Syntax Idea
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26846853     EISSN : 2684883X     DOI : -
Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini atau resensi dari buku ilmiah. Syntax Idea merupakan jurnal yang dikelola oleh non lembaga pendidikan di wilayah Jawa Barat yang progress untuk menjadi wadah bagi publikasi ilmiah didaerah dan nasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,050 Documents
Faktor-Faktor Internal Yang Mempengaruhi Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud) (Studi Empiris Pada Bpk Ri Perwakilan Provinsi Jawa Tengah) Wulandari, Hilda Kumala
Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Skeptisme Profesional, Pelatihan Audit Kecurangan, Independensi Auditor dan Kompetensi Auditor terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 auditor yang bekerja di BPK RI Provinsi Jawa Tengah. Pemilihan sampel menggunakan sensus. Data penelitian ini menggunakan data primer dan dari 137 kuesioner, hanya 121 kuesioner yang kembali. Data dianalisis menggunakan SmartPLS versi 3.2.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Skeptisme Profesional mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud), 2)Pelatihan Audit Kecurangan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud), 3)Independensi Auditor tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud) dan 4)Kompetensi Auditor mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud).
MANAGEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PENDEKATAN DAN MODEL INQUIRY) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI DESKRIPTIF DI KELAS VIII MTS AL MUSDARIYAH CIMAHI DAN MTS AL -MUSDARIYAH CINUNUK) Dewi, Ai Deudeu Maria
Syntax Idea Vol 1 No 4 (2019): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneliti melaksanakan penelitian di MTs. Al Musdariyah Cimahi dan MTs. Al Musdariyah Cinunuk Kabupaten Bandung dengan tujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PKN dalam menerapkan pendekatan dan model Inquiry, kendala –kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan, dan hasil yang dicapai. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena ingin mengetahui kondisi dan gambaran secara alami tentang pelaksanaan pembelajaran PKNdengan penerapan pendekatan dan model Inquiry di kedua sekolah tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Penelitian ini berawal dari asumsi bahwa Pembelajaran PKNtidak terlepas dari peran manajemen pembelajaran dimana guru merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai tindakan yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran termasuk memenfaatkan berbagai media dan pendekatan yang memudahkan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil dari kegiatan pembelajaran PKN berbasis Inquiry adalah meningkatnya aktifitas dan efektifitas pembelajaran PKN yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan dan model Inquiry memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan serta disarankan agar guru PKN mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.
Pengaruh Budaya Organisasi dalam Peningkatan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan Aisah, Enung Nur
Syntax Idea Vol 1 No 5 (2019): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Eksplanatori dan sampel dari seluruh anggota populasi dengan menggunakan tehnik sensus, dimana sampel yang diambil sebanyak 67 orang pegawai dari jumlah populasi sebanyak 67 orang pegawai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara dan angket), sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif, yaitu Analisis Regresi dengan melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, baik pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Budaya Organisasi berpengaruh besar 83,9% terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Disiplin Kerja berpengaruh besar 84,4% terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja bersama-sama berpengaruh besar 86,7% terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan, meskipun demikian, pengaruhnya belum optimal karena masih dipengaruh variabel-variabel lain 13,3%, akan tetapi Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan lebih banyak dipengaruhi oleh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja. Semua pengaruh positif, artinya pelaksanaan Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama akan meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka hipotesis yang penulis ajukan teruji dan dapat diterima.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT X (DEALER MITSUBISHI) DI KOTA CIREBON Sulistiyowati, Lisa Harry
Syntax Idea Vol 1 No 2 (2019): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dosen fakultas Ekonomi prodi Manajemen Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap Kepuasan Karyawan. Populasi dalam penelitian ini sekitar 55 orang. Metode penelitian asosiatif. Metode ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Dengan penelitian ini, dapat membangun teori yang dapat menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan gejala. Dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer dengan pengukuran variabel yang dijelaskan dalam item pernyataan yang merujuk pada Skala Likert, dengan skor rentang 1-5, menggunakan SPSS 19 untuk windows
Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga dan Reputasi Toko terhadap Niat Beli dan Perilaku Beli Konsumen Di Retail Modern Halim, Mazda; Hidayat, Anas; Roostika, Raden Roro Ratna
Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan ini untuk melihat apakah apakah toko persepsi kualitas, toko persepsi harga, reputasi toko, berpengaruh positif niat beli konsumen Indomaret dan untuk melihat apakah niat beli berpengaruh positif terhadap perilaku beli konsumen Indomaret. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian survei. Penelitian dilakukan di wilayah yogyakarta pada konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian di indomaret yogyakarta. Variabel independen berupa kualitas persepsi merek, harga persepsi merek, reputasi toko. Variabel dependen berupa niat beli dan perilaku beli. Teknik data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Hasil pengujian menunjukkan H1 diterima yaitu perceived brand quality berpengaruh positif terhadap niat beli, H2 diterima bahwa perceived brand price berpengaruh positif terhadap niat beli, H3 diterima bahwa reputasi store berpengaruh positif terhadap niat beli, H4 diterima artinya niat beli berpengaruh positif terhadap perilaku beli konsumen. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang bisa diambil sebagai berikut: (1) kualitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti semakin tinggi percieved brand quality maka niat beli juga akan meningkat. (2) harga merek yang dipercaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti bahwa peningkatan harga merek akan meningkatkan niat beli. (3) reputasi toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti semakin tinggi reputasi toko maka niat beli juga akan meningkat. (4) niat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beli. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi niat beli maka perilaku beli konsumen juga akan meningkat.
Pengaruh Work From Home terhadap Kinerja pada KPPN Nabire, KPPN Jayapura dan Kanwil DJPB Provinsi Papua Suranto, Suranto
Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel Work From Home (WFH) terhadap kinerja pegawai pada pada KPPN Nabire, KPPN Jayapura dan Kanwil DJBP Provinsi Papua. Variabel yang digunakan adalah WFH sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode sensus, dimana semua populasi menjadi sampel. Data primer diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner dengan jumlah responden 39 pegawai. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 25 for Windows. Untuk menguji kuesioner menggunakan Uji validitas dengan menggunakan Product Moment Pearson dan Uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, dimana keabsahan persamaan regresi linier sederhana yang terbentuk diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik. Hasil Uji t menunjukan nilai thitung variabel bebas yaitu WFH sebesar 4.584 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2.026 dengan probablitas signifikansi thitung sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.050 atau 5%. Adapun Uji F hasilnya nilai Fhitung sebesar 21.012 lebih besar dari Ftabel sebesar 2.026 dengan probablitas signifikansi Fhitung sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.050 atau 5%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukan bahwa variabel WFH mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada pada KPPN Nabire, KPPN Jayapura dan Kanwil DJBP Provinsi Papua. Untuk Uji Koefisien Determinasi/R Square (R²) nilai Koefisien Adjusted R² sebesar 0.345, hal ini memberikan gambaran bahwa sumbangan variabel bebas yaitu WFH dalam pengaruhnya naik atau turun kinerja pegawai pada pada KPPN Nabire, KPPN Jayapura dan Kanwil DJBP Provinsi Papua sebesar 34.5% dan sisanya sebesar 65.5% merupakan sumbangan dari variabel lain yang tidak dimasukan dalam model/tidak diteliti dan tergabung dalam variabel pengganggu (e) dalam model regresi linear sederhana yang dipakai dalam penelitian ini.
Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Nasabah (Customer Satisfaction) Pada Bank Muamalat KCP Sumber-Cirebon fariah, Aen; Rahmawati, Rahmawati
Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibels) secara parsial, simultan dan seberapa kuat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Sumber-Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang penelitiannya berdasarkan pada data yang dapat dihitung untuk menghasilkan suatu penafsiran. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden, pengujiannya menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji T, uji F dan uji R2.. Hasil uji instrumen validitas menunjukan rhitung > rkritis artinya valid dan reliabitas berada diatas 0,05 artinya reliabel. Hasil uji normalitas menggunakan grafik P-Plot menunjukkan berdistribusi normal dan hasil uji heteroskedastisitas data disimpulkan tidak terjadi heterokedastisitas. Hasil penelitian analisis regresi berganda yaitu, Y = 35,585 + -2,056 X1 + 3,613 X2 + -1,774 X3 + 2,791 X4 + -,338 X5. Untuk uji T dari reability (0,02), responsiveness (0,00), empathy (0,00) atau thitung < ttabel, sehingga Ha diterima, kemudian assurance (0,21) dan tangibels (0,139) atau nilai thitung > ttabel sehingga Ho ditolak. Hasil uji F menunjukan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, dimana nilai Pvalue 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) menunjukan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 0,689 atau 68,9%, sedangkan sisanya 31,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan pengujian secara simultan, hasil penelitian membuktikan bahwa semua variabel independen dari kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan nasabah. Pengaruh kualitas secara parsial membuktikan bahwa reability, responsiveness, empathy dapat diterima sedangkan assurance dan tangibels ditolak. Secara simultan semua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan. Dan uji R2 berpengaruh terhadap variabel dependen.
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDIT ALFALAH KOTA CIREBON Hakim, Arif Rohman
Syntax Idea Vol 1 No 3 (2019): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan evaluasi pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDIT Al-Falah kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif evaluatif. Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, koordinator tahfidz, guru tahfidz, siswa kelas IV dan siswa ke las V. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, mendisplay data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitain menunjukkan bahwa evaluasi program tahfidzul quran di SDIT Al-Falah kota Cirebon adalah; (1) Perencanaannya melalui visi misi sekolah yang salah satunya adalah pendidikan yang berlandaskan quran dan sunnah dan menjadikan pembelajaran tahfidzul quran sebagai mata pelajaran unggulan. (2) Pelaksanaannya adalah dengan cara setoran hafalan, tahsin tilawah, tasmi’, muroja’ah, dan test dadakan dan . (3) Evaluasinya dilakukan dengan cara evaluasi per-juz, evaluasi per-surat, evaluasi sima’an, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi khusus.
Pengaruh Disiplin Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dealer Permata Motor Kadipaten Kabupaten Majalengka Utomo, Sudibyo Budi; Nurkhasanah, Sari
Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini sebuah perusahaan menjalankan usahanya semata-mata demi memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari usaha yang dijalankannya. Salah satu faktor yang menunjang hal tersebut adalah kualitas dari sumber daya manusia yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Disiplin Kerja dan Profesionalisme terhadap Kinerja Karyawan pada Dealer Permata Kadipaten. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 65 karyawan Dealer Permata Kadipaten. Analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan dengan Michrosoft Excel dan SPSS versi 16.0. Teknik sampling yang dipakai adalah Sampling Kuota dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment; reliabilitas dengan teknik belah dua (Slpit Half) dan rumus Spearman Brown; uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrat; serta untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi, korelasi, uji t dan uji F. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien korelasi semua butir instrument Disiplin Kerja, Profesionalisme dan Kinerja karyawan dinyatakan valid dan reliable, serta termasuk dalam kategori baik. Setelah diuji normalitas, semua variabel dinyatakan berdistribusi normal. Pengujian hipotesis 1 dan 2 diterima, sedangkan hipotesis 3 ditolak. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Disiplin kerja dan Kinerja Karyawan, Profesionalisme dan Kinerja Karyawan, serta Disiplin Kerja dan Profesionalisme secara bersama-sama terhadap Kinerja Karyawan. Hubungan tersebut termasuk kedalam kategori sangat kuat. Sampel yang diambil ternyata signifikan dan dapat digeneralisasikan atau dapat diberlakukan dimana sampel yang 65 orang diambil, serta dapat mewakili populasi yang sebanyak 80 orang karyawan. Sedangkan hasil dari perhitungan regresi yaitu sebagai berikut : Y = 3.190 + 0.391 X1 + 0.321 X2 dimana a=3.190, b1=0.391 dan b2=0.321. Kemudian untuk perhitungan menggunakan uji koefisien Determinasi untuk Disiplin Kerja, Profesionalisme dan Kinerja Karyawan adalah 99% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain.
Kolaborasi Model Discovery Learning dan Peta Konsep dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pengantar Ekonomi Bisnis Di SMKN 1 Singkep Kartini, Sri
Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui efektifitas implementasi kolaborasi model discovery learning berbantuan peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis peserta didik kelas xi perbankan semester ganjil smk negeri 1 singkep kabupaten lingga tahun 2018/2019. melalui model pembelajaran discovery learning dan peta konsep peserta didik belajar mandiri untuk menemukan konsep yang saling berkaitan satu sama lainnya. saling memberi dukungan pada setiap anggota dalam kelompoknya sehingga dapat memunculkan rasa percaya diri. harapannya bila peserta didik telah menyelesaikan suatu konsep dari materi pelajaran yang akan dipelajari dan menyusunnya dalam suatu peta konsep serta menggunakannya dalam proses pembelajaran dengan menjelaskan ke teman lainnya, maka ia telah berusaha menguasai konsep-konsep yang dipelajari itu saling berkaitan sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep tersebut dan dengan sendirinya akan timbul kebermaknaan dari pelajaran itu. penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dengan 2 siklus. dari hasil penelitian diperoleh nilai ulangan yang diperoleh siswa pada siklus ke satu jumlah siswa yang tuntas 55,56 tidak tuntas 44,44 dengan nilai rata-rata 75. pada siklus ke dua jumlah siswa yang tuntas 100 tidak tuntas 0 dan nilai rata-rata 84,44. dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar.

Page 1 of 105 | Total Record : 1050


Filter by Year

2019 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 5 No 3 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 2 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 1 (2023): Syntax Idea Vol 4 No 12 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 11 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 10 (2022): Syntax idea Vol 4 No 9 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 8 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 7 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 6 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 5 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 4 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 3 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 2 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea Vol 3 No 12 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 11 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 10 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 9 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 7 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 6 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 5 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 4 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 3 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 2 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 1 (2021): Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 11 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 10 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 9 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 8` (2020): Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 6 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 5 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 4 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 3 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 2 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 1 (2020): Syntax Idea Vol 1 No 8 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 6 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 5 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 4 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 3 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 2 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 1 (2019): Syntax Idea More Issue