Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)
Vol. 4 No. 2 (2021): JRPIPM APRIL 2021 VOLUME 4 NOMOR 2

Menggunakan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi PLSV

Anisa Nurul Hasina (IKIP Siliwangi)
Nesi Septiani (IKIP Siliwangi)
Saripudin Saripudin (IKIP Siliwangi)
Septi Nur Rizki (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Persamaan Linear Satu Variable (PLSV) adalah materi matematika pada level SMP yang dianggap oleh siswa. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. peneliti menggunakan pendekatan kontekstual untuk menerangkan materi PLSV. Sampel pada penelitian  ini adalah 37 siswa SMP Bingkai Cendekia Cililin kelas 7. Peneliti menggunakan instrument pretes dan postes. Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara siswa dan dokumentasi hasil pekerjaan siswa. hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 hasil pretest adalah 46.84% dan pada siklus 2 postest, hasil belajar siswa meningkat menjadi 86.42%. hasil penelitian menunjukkan pendekatan kontekstual terbukti meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpipm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education both theory and practice. This Journal is published periodically twice a ...