Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dimilikioleh siswa. Teori terkait tahapan pemecahan masalah digunakan dalam melakukan analisisterhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu teori yang dapat digunakan adalah teori APOS. Dalam teori APOS, terdapat empat tahapan yaitu: 1) aksi (action), adalahtransformasi dari objek-objek yang dipelajari dan yang dirasakan oleh siswa, sertainstruksi tahap demi tahap bagaimana melakukan operasi, 2) proses (process)didefinisikan sebagai struktur kognitif yang melibatkan imajinasi tentang transformasimental atau fisik yang terjadi secara internal, ditunjukkan dengan seseorang sudah bisamelakukan tingkat aksi secara berulang kali, 3) objek (object), dapat diartikan sebagaisesuatu yang dihasilkan dari pengkonstuksian mental yang telah dilakukan pada tahapproses, dan 4) skema (scema) yaitu kumpulan aksi, proses, dan objek yang dirangkummenjadi sebuah skema.
Copyrights © 2022