Kemampuan analisis data kuantitatif guru SMA Negeri 3 Takalar bisa dikatakan masih kurang. Hal ini terihat dari masih adanya guru yang belum mampu mengolah data, mencari nilai rata-rata, persentase, menggunakan paket komputer, apalagi untuk interpretasi hasil analisis; (2) Pada pelatihan analisis data kuantitatif ini, dilakukan beberapa metode, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun Pendekatan yang dipakai untuk mencapai tujuan pelatihan meliputi beberapa jenis kegiatan. Materi dan praktek terkait analisis data kuantitatif dipresentasikan berdasarkan kelompok sesuai dengan jadwal (3) Dari hasil pengerjaan tugas mandiri tersebut, nampak bahwa peserta sudah mampu memahami prosedur analisis data dan mampu mempraktekkan sendiri pengolahan data hasil penelitian. Dari 16 peserta terdapat 4 peserta yang sering masih lupa langkah-langkah menganalisis data dan membutuhkan bimbingan lebih. (4) Hasil yang dicapai yaitu peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapan pelatihan, 75 % peserta mampu melakukan pengolahan data mandiri dan dapat mengulang kembali beberapa langkah analisis data yang diminta, dan terdapat 25 % yang masih tersendak dalam melakukan pengolahan data mandiri, sehingga membutuhkan bimbingan lanjutan
Copyrights © 2021