cover
Contact Name
Abdimas Langkanae
Contact Email
junallangkanae11@gmail.com
Phone
+6285261455244
Journal Mail Official
junallangkanae11@gmail.com
Editorial Address
Komp. Perumahan Griya Lumandi Permai
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Abdimas Langkanae
ISSN : -     EISSN : 28087682     DOI : https://doi.org/9.jpm/006
Abdimas Langkanae adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Abdimas Indonesia adalah jurnal yang bertaraf Nasional yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang pemberdayaan masyarakat
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 55 Documents
Penyuluhan dan Pelatihan Bahan Ajar Bagi Guru SD Kecamatan Wara Kota Palopo Suparman
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.195 KB)

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan program pengabdian dalam rangka sosialisasi panduan penyusunan bahan ajar inovatif bagi guru-guru SD di Kecamatan Wara Kota Palopo. Panduan bahan ajar yang disosialisasikan merupakan panduan bahan ajar yang inovatif berdasarkan pemanfaatan teknologi dan informasi berdasarkan pola masyarakat industri 4.0. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah metode pendidikan dan pelatihan (diklat) sehingga hasil yang diharapkan menjadi lebih maksimal dan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam menyusun bahan ajar yang inovatif sehingga bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Penyuluhan dan sosialisasi ini bertujuan untuk mendesimenasikan panduan penyusunan bahan ajar yang inovatif.
FM2 Program Pelatihan Meningkatkan Konsentrasi Belajara Mahasiswa dalam Meraih Prestasi Gemilang Darmawati; Pancana Beta
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.629 KB)

Abstract

Peserta didik hendaknya memiliki kemampuan konsentrasi saat proses belajar berlangsung sehingga mampu mengikuti proses belajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Layanan bimbingan klasikal melalui metode FM2 bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Partisipan dalam kegiatan ini adalah Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo dengan jumlah 21 orang. Kegiatan layanan dilakukan melalui tiga tahap yakni: tahap awal, tahap inti, dan tahap penutup.
Gerakan Literasi Sekolah Sehe Madeamin
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.763 KB)

Abstract

pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di sekolah dasar. Pendampingan gerakan literasi sekolah memang penting dilaksanakan untuk meningkatkan angka minat baca siswa melalui kegiatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran. Sasaran pengabdian adalah siswa SMPN 3 Palopo. Pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran ini akan dilakukan sebanyak 4 kali. Pendampingan pada pertemuan pertama dilakukan penyuluhan tentang gerakan literasi sekolah yang efektif dengan alokasi waktu 2-3 sks, dan pendampingan ke-2 sampai ke-4 dilakukan monitoring pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di SMPN 3 Palopo dengan alokasi waktu 3-4 sks. Hasil yang dicapai yaitu pembiasaan 15 menit membaca sebelum jam pelajaran; menata perpustakaan; menciptakan lingkungan yang kaya teks dengan memasang slogan dan poster; dan menata kelas yang kaya teks dan nyaman untuk siswa belajar.
Bedah Film Freedom Writers Harsia Harsia
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.341 KB)

Abstract

Freedon Writers merupakan sebuah film yang dirujuk dari buku “The Freedom Writers Diary“, yang mana buku tersebut berasal dari kisah nyata yang menceritakan perjuangan seorang guru yang berusaha membangkitkan semangat belajar dari para siswa didiknya. Kisah bermula dari kedatangan seorang guru wanita bernama Erin Gruwell yang memiliki sifat idealis serta tingkat kecerdasan tinggi ke Woodrow Wilson High School, diwilayah Long Beach, California, Amerika Serikat, yang mana pada saat itu isu rasisme di Amerika begitu hangat dibicarakan masyarakat. Kedatangan Erin didasari pada niat tulusnya yang menggebu-gebu unuk mengajar pada muridnya yang menurut Erin membutuhkan perhatian khusus dalam penanganannya. Niat mulia Erin ini tidak serta merta di setujui oleh Ayahnya, karena Steve (Ayah Erin) berpendapat bahwa Erin memiliki tingkat intelegensi yang tinggi, dan jika kemampuannya tersebut hanya digunakan sebagai seorang pengajar, maka kecerdasannya akan sia-sia, namun Erin tetap pada pendiriannya untuk menjadi seorang guru dan niat baiknya itu didukung oleh suaminya yaitu Scott
Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMP di Kota Palopo M. Nur Hakim
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.65 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PPM, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPM “Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah tingkat SMP di Kota Palopo” dapat dilaksanakan dengan baik. Pelatihan dilakukan selama 2 hari. Peserta yang hadir sebanyak 19 orang. Keberhasilan kegiatan ini tentunya karena antusiasme dari para siswa dalam mengikuti kegiatan, khususnya pada proses praktik menulis karya ilmiah
Pelatihan Komputer bagi Tenaga Kependidikan Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng Najirah Umar; Nurfaedah Nurfaedah
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.184 KB)

Abstract

Kebutuhan orang untuk memanfaatkan teknologi informasi semakin meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di instansi-instansi baik pemerintah maupun non pemerintah. Di Akademi Komunitas Industri Manufaktur pengetahuan dasar komputer dan pemanfaatan teknologi informasi belum semua tenaga kependidikan mampu menggunakannya. Ada beberapa yang telah memanfaatkan dalam aktifitas sehari-hari dalam penyelesaian tugas dengan memanfaatkan komputer dan teknologi informasi. Namun beberapa kendala masih ada mengingat tenaga kependidikan belum mampu memanfaatkan teknologi informasi dan memiliki pengetahuan dasar komputer yang tidak maksimal; Sasaran dalam program pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan dan kompetensi tenaga kependidikan dalam menerapkan teknologi informasi yaitu dengan pelatihan pengetahuan dasar komputer. Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi terlihat tenaga kependidikan dalam mengikuti pelatihan dengan sangat antusias. Pelatihan ini relah dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 16 Desember sampai 17 Desember 2020 dengan jumlah peserta 10 tenaga kependidikan. Peserta yang mengikuti program pelatihan tersebut, pada hari pertama yaitu telah berhasil mempraktikkan Microsoft Office (exel). Pada hari kedua, peserta juga telah berhasil mempraktikkan materi Microsoft Office (word)
Pelatihan Pemanfaatan Google Form dalam Mengolah Absen Siswa pada Pembelajaran Daring Akramunnisa Akramunnisa; Baso Ali
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.09 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan Pengabdian ini adalah melaksanakan pelatihan dan pendampingan guru-guru dalam rangka pemanfaatan Goggle Form untuk mengelola nilai pada proses belajar mengajar daring di masa pandemi COVID 19. Target yang ingin dicapai adalah guru guru SD Negeri 49 Mappatongko dapat mengetahui dan menerapkan media pembelajaran daring , khususnya Goggle Form. Untuk mencapai tujuan dan target khusus ini metode yang digunakan adalah dengan transfer IPTEK kepada SD Negeri 49 Mappatongko. Kegiatan pelatihan ini meliputi : Pelatihan media pembelajaran dan pengenalan cara menggunakan google form dalam mengolah absen siswa dan mempermudah mengevaluasi proses pembelajaran. Setelah pelatihan ini selesai dilaksanakan maka langkah selanjutnya adalah memberikan pendampingan kepada SD Negeri 49 Mappatongko dengan ilmu yang sudah diperoleh pada saat pelatihan dan dapat membantu proses belajar mengajar dimasa pandemi COVID 19.
Penyemprotan Disinfektan untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 pada Desa Bassiang Suparman Suparman; Gita Srihidayati
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.665 KB)

Abstract

Saat ditetapkannya status pandemi Covid-19, berbagai negara melakukan upaya pencegahan penularan penyakit tersebut; tidak terkecuali Indonesia. Salah satu cara untuk memutus rantai penularan adalah dengan melakukan disinfeksi. Artikel ini merupakan scoping review dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan disinfeksi dalam pencegahan penularan Covid-19 di area publik dan kemungkinan risiko kesehatan yang ditimbulkan. Cara pengumpulan data/informasi adalah dengan penelusuran website berbagai kementerian/lembaga dan media online dalam kurun 3 (tiga) bulan, yaitu mulai Maret 2020 (penetapan pandemi Covid-19) sampai dengan Mei 2020. Data dan informasi yang dikumpulkan meliputi acuan, lokasi, cara, sasaran disinfeksi, serta disinfektan yang digunakan, dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa disinfeksi di area publik, di perkantoran, fasilitas kesehatan (rumah sakit dan puskesmas), perumahan, pusat perbelanjaan/mall/pasar, dan area transportasi (jalan raya, terminal, halte, dan kendaraan) dilakukan dengan cara penyemprotan langsung terhadap permukaan/benda yang sering disentuh dan di dalam bilik disinfeksi, menggunakan disinfektan yang bersifat iritatif. Pelaksanaannya disinfeksi di beberapa area publik masih belum sesuai dengan Protokol/Pedoman Disinfeksi dalam Pencegahan Penularan Covid-19 sehingga berportensi menimbulkan risiko kesehatan. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan disinfeksi di area publik berpotensi menimbulkan risiko kesehatan. Perlu adanya pengawasan dalam pelaksanaan disinfeksi dan sosialisasi serta edukasi tentang potensi risiko kesehatan terhadap masyarakat.
Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Di SMK Analisis Mandala Bakti Kota Palopo Hardiana Hardiana; Akramunnisa Akramunnisa
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.845 KB)

Abstract

Tujuan yang ingindi capai pada kegiatan Pengabdian ini adalah melaksanakan pelatihan dan pendampingan guru-guru dalam rangka pemanfaatan Goggle Classroom untuk meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan media pembelajaran dan proses belajar mengajar daring di masa pandemi COVID 19. Target yang ingin dicapai adalah guru-guru di SMK Analisis Mandala Bakti dapat mengetahui dan menerapkan media pembelajaran daring ,khususnya Google Classroom. Untuk mencapai tujuan dan target khusus ini metode yang digunakan adalah dengan transfer IPTEK kepadaguru di SMK Analisis Mandala Bakti. Kegiatan pelatihan inimeliputi : Pelatihan media pembelajaran dan pengenalan cara menggunakan google classroom. Setelah pelatihan ini selesai dilaksanakan maka langkah selanjutnyaa adalah memberikan pendampingan kepada guru-guru di SMK Analisis Mandala Bakti denga nilmu yang sudah diperoleh pada saatpelatihan dan dapat membantu proses belajar mengajar dimasa pandemi COVID 19.
Pendampingan Literasi Membaca dan Menggambar pada Anak di Kota Makassar Husni Bt Salam; Shofiana Syam; Lina Mariana
Abdimas Langkanae Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.471 KB)

Abstract

Literasi sangat berhubungan dengan membaca dan menulis. Minimnya penanaman literasi sejak dini menjadi penyebab Indonesia menjadi negara tingkat literasi yang rendah. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk (1) meningkatkan pengetahuan literasi kepada orang tua dan anak (2) mengembangkan literasi anak melalui lomba menggambar dan mewarnai. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan tiga tahapan yakni. Tahapan persiapan, tahapan kegiatan, dan tahapan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak mulai dari umur 6 tahun sampai 12 tahun dengan ju,lah peserta sebanyak 40 anak. Hasil ditemukan pada tahapan kegiatan yakni minimnya pengetahuan dan pendampingan orang tua terhadap anak tentang literasi sehingga kurangnya minat baca anak. Selain itu dengan menggunakan metode menggambar sebagai sebuah aktivitas yang positif dan menyenangkan dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Dengan kegiatan ini mampu memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya pada anak-anak.