Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada penerapan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Hypnoteaching pada siswa kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan dipilih dua sekolah serta dua kelas eksperimen secara cluster random sebagai sampel penelitian. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Hypnoteaching lebih besar dibanding motivasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Motivasi Belajar, HypnoteachingAbstract. This research is a quasi experiment which involved two groups with different treatment. Objectives of this research were to know the students’ mathematics learning motivation between the application of conventional and hypnoteaching learning models on students grade X. The population in this research is students grade X in State Senior High School in Makassar, South Sulawesi and then two schools and two classes are selected by cluster random technique as research sample. Data analysis by using descriptive and inferential statistics. The result was obtained the improving of mathematics learning motivation on students who taught by using hypnoteaching learning model is greater than the improving of mathematics learning motivation on students who taught by using conventional learning model.Keywords: Learning Motivation, Hypnoteaching.
Copyrights © 2017