cover
Contact Name
Said Fachry Assagaf
Contact Email
said.fachry.assagaf@unm.ac.id
Phone
+6281355595187
Journal Mail Official
said.fachry.assagaf@unm.ac.id
Editorial Address
Unit Publikasi Jurusan Matematika, Gd FG Lantai 2, FMIPA UNM
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Issues in Mathematics Education (IMED)
ISSN : -     EISSN : 26858592     DOI : https://dx.doi.org/10.35580/imed
Core Subject : Education,
Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to mathematics education are welcome.
Articles 122 Documents
Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sitti Hartinah; A. Asdar; D. Djadir
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.154 KB) | DOI: 10.35580/imed10733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan penyelesaian soal cerita matematika materi perbandingan berdasarkan kriteria Newman ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka, dipilih subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VII. Adapun teknik pengumpulan data dengan pemberian angket gaya belajar, tes diagnostik dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada indikator soal mencakup perbandingan senilai jenis kesalahan yang dilakukan oleh (1) subjek bergaya belajar visual adalah kesalahan penulisan jawaban akhir, (2) subjek bergaya belajar auditorial adalah kesalahan membaca soal, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir, dan (3) subjek bergaya belajar kinestetik adalah kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan pada indikator soal mencakup perbandingan berbalik nilai jenis kesalahan yang dilakukan oleh (1) subjek bergaya belajar visual adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, (2) subjek bergaya auditorial adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, dan (3) subjek bergaya belajar kinestetik adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir.Kata kunci: Kesalahan, Newman, Perbandingan, Gaya Belajar.Abstract. This study aims to describe the errors made by students in mathematics word problem of proportion topic based on Newmans’ criteria in term of student learning styles. The data collection techniques used are learning styles questionnaire, diagnostic tests and interviews then through three stages of data analysis that are data condensation,  presentation, and conclusion. The result of the research showed that the indicator of the direct proportion errors made by (1) subject of visual learning style is encoding errors, (2) subject of auditory learning style are reading errors, comprehension errors, transformation errors, process skill errors and encoding errors, and (3) subject of kinesthetic learning style are comprehension errors, transformation errors, process skill errors and encoding errors. In addition the indicator of the inverse proportion errors made by (1) subject of visual learning style are transformation errors, process skill errors and encoding errors (2) subject of auditory learning style are transformation errors, process skill errors and encoding errors, and (3) subject of kinesthetic learning style are transformation errors, process skill errors and encoding errors.Keywords: Errors, Newman, Proportion, Learning Styles.
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif antara Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan Tipe NHT (Numbered Head Together) Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa S. Syarifatunnisa; S. Suradi; A. Awi
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.615 KB) | DOI: 10.35580/imed10734

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa. Populasi dalam  penelitian ini adalah siswa kelas X MIA. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas perlakuan pertama yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dan X MIA 2 sebagai kelas perlakuan kedua yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif, kecerdasan interpersonal siswa, dan hasil belajar matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket kecerdasan interpersonal siswa, dan post test hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial melalui uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil analisis uji ANOVA diperoleh bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa.Kata Kunci:  Model Pembelajaran kooperatif TGT, NHT, Kecerdasan Interpersonal.Abstract. This research was quasi-experimental which aims to know the difference between students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model TGT type and students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model NHT type viewed from students’ interpersonal intelligence. The population in this research was Ten-grade students. The sample consisted of two classes, namely class X MIA 1 as first treatment class taught by using TGT learning model and class X MIA 2 as second treatment class taught by using direct NHT learning model selected by cluster random sampling technique. The variables in this research were cooperative learning model, students’ interpersonal intelligence, and mathematics learning outcomes. The research instruments used were observation sheets, questionnaires about students’ interpersonal intelligence, and mathematics learning outcomes tests. The data obtained were analyzed by using descriptive analysis and inferential analysis through Two Way ANOVA. Based on the result of the Two Way ANOVA, it was found that there is no difference between students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model TGT type and students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model NHT type viewed from students’ interpersonal intelligence.Keywords: Cooperative Learning Model TGT, NHT, Interpersonal Intelligence.
Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori APOS pada Siswa Kelas XII SMA Dwi Fitriani Rosali; T. Talib; A. Asdar
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.157 KB) | DOI: 10.35580/imed10735

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep turunan berdasarkan teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 6 siswa dari kelas XII MIA salah satu SMA negeri di kota Makassar tahun ajaran 2018/2019 yang dipilih dengan tujuan tertentu, yaitu nilai siswa dan rekomendasi guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika siswa, tes pemahaman konsep turunan berdasarkan teori APOS, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang memiliki kemampuan tinggi memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap aksi, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap proses dan objek. Namun, pada tahap skema, siswa hanya memenuhi 1 indikator pemahaman konsep; (2) Siswa yang memiliki kemampuan sedang memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap aksi dan memenuhi 1 indikator pemahaman konsep pada tahap proses, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap objek. Namun, pada tahap skema, siswa tidak memenuhi indikator pemahaman konsep; (3) Siswa yang memiliki kemampuan rendah memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap aksi, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap proses. Namun, siswa tidak memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap objek dan skema.Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Teori APOS, Turunan.Abstract. This research aims to describe the ability in understanding derivative concepts based on APOS theory. This research was a qualitative descriptive with the subjects were 6 students from class XII MIA at one of Senior High School in Makassar in 2018/2019 academic year which selected for certain purposes, namely students score and teacher recommendations. The instruments used in this research were a test of students' mathematics ability, test in understanding the derivative concepts based on APOS theory, and interviews. The results of the research showed that: (1) the students who have the high ability have fulfilled the indicators of understanding concept at the stage of action, and they fulfilled all indicators of understanding concepts in process and object stages. However, at the schema stage, the students only met 1 indicator of understanding the concept; (2) students who have the average ability have fulfilled the indicators of understanding concept at the action phase, and they fulfilled 1 indicator of understanding concept in the process phase, also they met all the indicators of understanding concepts in the object phase. However, at the schema phase, the students did not meet 1 indicator of understanding concepts; (3) students who have the low ability have fulfilled the indicators of understanding concept at the stage of action, and they fulfilled all indicators of understanding concepts at the process stage. However, the students did not meet the indicator of understanding concepts at the object and schema stage. Keywords: Understanding the Concept, APOS Theory, Derivative.
Pengaruh Pembelajaran Mix Models (Teams Games Tournaments and Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Fatimah Akbal; A. Alimuddin; R. Rusli
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.991 KB) | DOI: 10.35580/imed10736

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mix models (TGT-AIR) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP negeri di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-2 yang sebagai kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan kelas VIII-10 sebagai kelas pembanding yang diajar dengan model pembelajaran langsung yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi, dan post test hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial melalui uji t untuk dua sampel independen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa: (a) ada perbedaan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa; (b) terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada penerapan pembelajaran mix models (TGT-AIR); (c) tidak ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada penerapan model pembelajaran langsung; (d) ada perbedaan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa yang bermotivasi belajar tinggi; dan (e) tidak ada perbedaan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa yang bermotivasi belajar rendah.Kata Kunci: Pembelajaran Mix Models (TGT-AIR), Model Pembelajaran Langsung, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika. Abstract. This research was quasi-experimental which aims to know the influence of mix models learning (TGT-AIR) towards mathematics learning outcomes viewed from learning motivation. The population in this research was Eighth-grade students at one of Junior High School in Makassar. The sample consisted of two classes, namely class VIII-2 that gave treatment by using mix models learning (TGT-AIR), and class VIII-10 as a comparison class taught by using direct learning model selected by cluster random sampling technique. The variables in this research were learning models, learning motivation, and mathematics learning outcomes. The research instruments used were observation sheets, questionnaires about leaning motivation in mathematics, and mathematics learning outcomes tests. The data obtained were analyzed in descriptive and inferential through t-test for two independent samples. Based on the results of the t-test, it was found that: (a) there was a difference of mix models learning (TGT-AIR) and direct learning model on mathematics learning outcomes; (b) there was an effect of motivation on students' mathematics learning outcomes in the implementation of mix models learning (TGT-AIR); (c) there was no effect of motivation on students' mathematics learning outcomes in the implementation of direct learning model, (d) there was a difference of mix models learning (TGT-AIR) and direct learning model on mathematics learning outcomes for students who are highly motivated in learning; and (e) there was no difference of mix models learning (TGT-AIR) and direct learning model on mathematics learning outcomes for students who are low motivated in learning.Keywords: Mix Models Learning (TGT-AIR), Direct Learning Model, Learning Motivation, and Mathematics Learning Outcomes.
Efektivitas Penerapan Pendekatan SAVI Setting Cooperative Script dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 33 Makassar Rizky Ayu Fatimah Ridwan; A. Alimuddin; D. Djadir
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.655 KB) | DOI: 10.35580/imed10737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan SAVI setting cooperative script dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negeri 33 Makassar dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI setting cooperative script lebih besar dari 73 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi siswa sebesar 0,79 (kategori tinggi), (3) ) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 92%, (4) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 94%, (5) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan pendekatan SAVI setting cooperative script. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SAVI setting cooperative script efektif digunakan pada siswa Kelas IX SMP Negeri 33 Makassar.Kata kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Pendekatan SAVI Setting Cooperative ScriptAbstract. This research aimed to determine the effectiveness of implementing SAVI approach with cooperative script setting in students’ mathematics learning of Grade IX SMP Negeri 33 Makassar by clicking refer to the three criteria of effectiveness of learning, i.e students’ learning achievement, students’ activities and responses. The data analysis technique that used was the technique of descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: 1) the average percentage of students who was taught by SAVI approach with cooperative script setting is greater than 73 (KKM), (2) the average value of normalized gain is 0,79 (high category), (3) the average percentage of students’ activities is 92%, (4) the average percentage of students who gave positive responses to the implementation of learning is 94%, (5) there is a significant difference in mathematics learning achievement before and after the use of the SAVI approach with cooperative script setting. From these results it can be concluded that learning with SAVI approach with cooperative script setting is effective to be used in students’ mathematics learning of Grade IX of SMP Negeri 33 Makassar.Keyword: Effectiveness, SAVI Approach with Cooperative Script Setting, Students’ Mathematics Learning Achievement.
Pengaruh Metode Diskusi dengan Alat Peraga Papan Berpaku terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Hamzah Upu; Ilham Minggi; Nur Isnaeni Sari
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.22 KB) | DOI: 10.35580/imed10752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan dipilih dua kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII 4 dan VII 5. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi, (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika siswa.Kata Kunci: Metode Diskusi, Alat Peraga, Alat Peraga Papan Berpaku, Hasil Belajar Matematika SiswaAbstract. This research aimed to determine wheter there was the influence of discussion method with geoboard teaching aids to students’ mathematics learning achievement. The type of this research was a quasi-experiment involving two groups with different treatment. The population of this research was students of grade VII and selected two classes by cluster random sampling as the research sample, that were class VII-4 and VII-5. The results obtained that: (1) students’ mathematics learning achihevement who were being taught by using discussion method with geoboard teaching aids is higher than the students’ mathematics learning achievement who were being taught by using discussion method. (2) The improvement of students’ mathematics learning achievement who were being taught by using discussion method with geoboard teaching aids is higher than the improvement of students’ mathematics learning achievement who were being taught by using discussion method.  From the results of this research, it can be conclude that there is influence of discussion methods with geoboard teaching aids to students’ mathematics learning achievement.Keywords: Discussion Method, Teaching Aids, Geoboard Teaching Aids, Students’ Mathematics Learning Achievement.
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Nur Aynun; Abdul Rahman; A. Asdar
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.26 KB) | DOI: 10.35580/imed10765

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan model time token dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri di Sungguminasa. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini diukur berdasarkan capaian hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII salah satu  SMP Negeri di Sungguminasa, Gowa, Sulawesi Selatan. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) Skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai skor kriteria ketuntasan minimal 75 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa  sebesar 80,73. (2) Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 93%. (3) Aktivitas siswa beradapada kategori sangat baik. (4) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. (5) Respon siswa berada pada kategori cenderung positif.Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token, dan Pendekatan Problem Posing Abstract. The purpose of this study to determine the effectiveness of time token model implementation with problem posing approach in learning mathematics in class VII SMP Negeri in Sungguminasa. The effectiveness of learning in this study is measured by the achievement of learning outcomes, student activities, and student responses to learning. This research is a pre-experiment research. The population in this research is all students of class VII of SMP Negeri 3 Sungguminasa. The sample of this study consists of one class. The sampling technique using simple random sampling. Methods of data collection using questionnaires, observations and tests. Data analysis techniques use descriptive and inferential analysis. The results of the analysis show: (1) Scores of student learning outcomes experienced a significant improvement and achieve a minimum score of 75 completeness criteria with an average score of student learning outcomes of 80.73. (2) Classical completeness level of 93%. (3) Student activity is in very good category. (4) The implementation of learning is in the category performed very well. (5) Student responses are in the category tend to be positive.Keywords: Effectiveness, Cooperative Learning Model of Time Token Type, and Problem Posing Approach 
Deskripsi Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Amirullah, A.; Mulbar, Usman; Djam'an, Nurwati
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.125 KB) | DOI: 10.35580/imed10769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan pemecahan masalah matematika siswa climbers (AQ tinggi), campers (AQ sedang), dan quitters (AQ rendah). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan angket Adversity Quotient. Dari hasil pengisian angket dilakukan pengkategorian subjek berdasarkan AQ yang dimilikinya. Selanjutnya diberikan tes pemecahan masalah matematika. Setelah melihat hasil tes, dipilih secara purposif tiga subjek yang mewakili siswa climbers (AQ tinggi), campers (AQ sedang), dan quitters (AQ rendah) untuk diwawancarai lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Subjek climbers mengalami lebih sedikit kesulitan dalam memecahkan masalah dibandingkan subjek campers dan subjek quitters. Subjek climbers mengalami dua kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika yaitu kesulitan konsep dan kesulitan operasi. 2) Subjek campers mengalami lebih sedikit kesulitan dalam memecahkan masalah dibandingkan subjek quitters. Subjek campers mengalami tiga kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip, dan kesulitan operasi. 3) Subjek quitters mengalami paling banyak kesulitan dalam memecahkan masalah. Subjek quitters mengalami empat kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip, kesulitan operasi, dan kesulitan karena kecerobohan.Kata kunci: Deskripsi, Kesulitan, Pemecahan Masalah, Adversity Quotient, Bentuk AljabarAbstract. This research aims to know the difficulties of mathematical problem solving of climbers (high AQ), campers (moderate AQ), and quitters (low AQ). The type of this research is qualitative research with descriptive approach. Subjects of this research are students of class VII Junior High School in Makassar, academic year 2017/2018. Retrieval of the subject is performed by providing questionnaire of AQ. From the results of the questionnaire, categorize the subject by type of AQ. Then giving the test of mathematical problem-solving. After giving the test, selected purposively three subjects based on climbers student (high AQ), campers (moderate AQ), and quitters (low AQ) to be interviewed. The results of the research show: 1) Climbers subject experience a little more difficulty in problem-solving compared to campers subject and quitters subject. Climbers subject experiences two difficulties in working the test of mathematical problem solving that are the conceptual difficulty and operational difficulty. 2) Campers subject experience a little more difficulty in problem-solving than quitters subject. Campers subject experience three difficulties in working the test of mathematical problem solving that are the conceptual difficulty, principle difficulty, and operational difficulty. 3) Quitters subject experience the most difficulty in problem-solving. Quitters subject experience four difficulties in working the test of mathematical problem solving that are the conceptual difficulty, principle difficulty, operational difficulty, and careless difficulty.Keywords: Description, Difficulties, Problem Solving, Adversity Quotient, Algebraic Form
Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa kelas XII IPA.1 SMA Negeri 3 Barru Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing B. Busran
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.497 KB) | DOI: 10.35580/imed10774

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa Kelas XII IPA.1 SMA Negeri 3 Barru melalui pembelajaran dengan pendekatan  problem posing. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII  IPA.1 SMA Negeri 3 Barru Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 30 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 23 perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket dan pemberian tes hasil belajar kepada setiap subyek penelitian. Data penelitian ini berupa data motivasi belajar siswa dan data hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 65%, meningkat menjadi 76.60% pada siklus II, ada kenaikan sebesar 11,60% atau dari kategori cukup menjadi baik, (2) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, untuk tingkat perhatian  ada kenaikan sebesar 6,33%, untuk tingkat relevansi ada kenaikan sebesar 14,42%, untuk tingkat keyakinan ada kenaikan sebesar 5,50%, dan untuk tingkat kepuasan ada kenaikan sebesar 2,56%, dan (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari siklus I, ketuntasan belajar klasikal dari 14 orang siswa (46,67%) menjadi 25 orang siswa (83,33%) pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga diharapkan guru dapat menerapkan model problem posing sebagai variasi dalam pembelajaran matematika.Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran problem posing.Abstract. This research is classroom action research which aims to increase motivation to learn mathematics in students of Class XII IPA.1 Barru 3 Public High School through problem posing learning. The research subjects were students of class XII IPA.1 30 SMA 3 Barru Academic Year 2017/2018 amounted to 30 people consisting of 7 men and 23 women. The implementation of this study consisted of two cycles. Data collection techniques are observation, questionnaire and giving test of learning outcomes to each research subject. The research data is in the form of student learning motivation data and student learning outcomes data. The results showed that: (1) student activities in mathematics learning experienced an increase from the first cycle with an average of 65%, increased to 76.60% in the second cycle, there was an increase of 11.60% or from the sufficient category to be good, (2) student learning motivation has increased from cycle I to cycle II, for the level of attention there is an increase of 6.33%, for the level of relevance there is an increase of 14.42%, for the level of confidence there is an increase of 5.50%, and for the level of satisfaction there an increase of 2.56%, and (3) student learning outcomes in mathematics learning experienced an increase from cycle I, classical learning completeness from 14 students (46.67%) to 25 students (83.33%) in cycle II. The results of the study show that learning with a problem posing approach can increase student motivation so that teachers are expected to be able to apply the problem posing model as a variation in mathematics learning.Keywords: learning motivation, problem posing learning. 
Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Yusrianah Thamrin; R. Rusli; B. Bernard
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 3, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.095 KB) | DOI: 10.35580/imed10775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model kooperatif tipe Example Non Example dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII  dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan, dan respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Example Non Example lebih besar dari 75 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model kooperatif tipe Example Non Example, (4) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 88,97%, (5) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 94,83%, (6) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Example Non Example sebesar 3,82 (terlaksana dengan sangat baik). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Example Non Example efektif digunakan pada siswa kelas VII disalah satu sekolah di .Kata kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Model Kooperatif Tipe Example Non ExampleAbstract. This research aims to determine the effectiveness of implementing Example Non Example type of cooperative model in students’ mathematics learning of grade VII SMP by clicking refer to the three criteria of effectiveness of learning, i.e students’ learning achievement, students’ activities and responses. The data analysis technique that is used is the technique of descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: 1) the average percentage of students who is taught by Example Non Example type of cooperative model greater than 75 (KKM), (2) the average value of normalized gain greater than 0,3 (medium category), (3) there is a significant difference in mathematics learning achievement before and after the use of the Example Non Example type of cooperative model, (4) the average percentage of students’ activities is 88,97%, (5) the average percentage of students who gave positive responses to the implementation of learning is 94,83%, (6) The average of learning accomplishment using Example Non Example type of cooperative model is 3.82 (very well done). From these results it can be concluded that learning with Example Non Example type of cooperative model is effective to be used in students’ mathematics learning of grade VII in one of school in .Keyword: Effectiveness, Students’ Mathematics Learning Achievement, Example Non Example Type of Cooperative Model.

Page 1 of 13 | Total Record : 122