Journal of Tourism and Creativity
Vol 6 No 1 (2022): Tourism Village

Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Akun Facebook STIPAR Soromandi Bima NTB dalam Meningkatkan Strategi Promosi Perguruan Tinggi

Feriyadin Feriyadin (Sekolah Tinggi Pariwisata Soromandi Bima)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

STIPAR Soromandi Bima adalah kampus yang masih tergolong baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas sehingga memanfaatkan akun facebook untuk memperkenalkan perguruan tinggi pariwisata, membangun citra (image) perguruan tinggi, dan mempublikasikan informasi kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan facebook sebagai media promosi dan mengidentifikasi strategi promosi yang telah dilakukan dalam memasarkan perguruan tinggi. Sumber data diperoleh melalui metode (1) dokumentasi, dengan cara screenshot historis postingan akun facebook Stipar Soromandi Bima Ntb, (2) dan wawancara mendalam terhadap 25 informan yang berada di lingkup perguruan tinggi yakni; 20 mahasiswa program studi pariwisata, 2 orang admin facebook dan 3 orang tim pengembangan akademik yang ditentukan dengan menggunakan teknik snowball sampling dan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) mahasiswa program studi pariwisata memiliki persepsi yang baik dan sikap yang positif terhadap keberadaan akun facebook perguruan tinggi dalam upaya membangun citra kampus (institute image) dan mempublikasi informasi kegiatan akademik perguruan tinggi tersebut. Namun keterbatasan pengetahuan dan informasi dalam membuat konten perlu menjadi perhatian khusus bagi kampus untuk menempatkan sumber daya manusia (human resource) yang kreatif dan kompeten dalam pembuatan konten facebook yang lebih atraktif. 2) strategi promosi terkuat STIPAR Soromandi Bima dalam menarik minat kuliah calon mahasiswa adalah promosi langsung kampus secara konvensional dengan cara; tim civitas akademika (dosen dan staf) melakukan promosi pintu ke pintu rumah (door-to-door), memperkuat informasi mulut ke mulut (word of mouth) dan mengadakan personal selling ke sekolah-sekolah seperti SMA/MA/SMK Negeri dan swasta. Akan tetapi masih ada keterbatasan pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan memberikan informasi dengan baik kepada publik. Sehingga pihak kampus perlu mengadakan pelatihan dan pembinaan khusus bagi dosen dan staf untuk memiliki keterampilan public speaking sebagai upaya dalam mendorong kelancaran penyampaian informasi kepada target pasarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tourismjournal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope The Journal of Tourism and Creativity (JTC) is purely bring a new insight on tourism. Especially on tourism policy, creative tourism, sustainable tourism, tourism management and organization, travel and tourism, leisure and recreation. And other diciplines, such as sociology of ...