Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal geografi agar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Data yang digunakan berupa hasil pengerjaan soal pilihan ganda ulangan tengah semester geografi kelas XI IS 1 2 SMA Islam Al Azhar 14 Kota Semarang. Data diambil secara purposive sampling dan angket tertutup untuk mengetahui persepsi validator tentang kualitas soal yang dibuat. Data dianalisis dengan teknik deskripsi persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aspek materi/substansi terdapat revisi pada indikator pertama dan kedua; 2) aspek kontruksi terdapat revisi pada indikator pertama, kedua, keempat, dan kelima; 3) aspek bahasa terdapat revisi pada indikator pertama, kedua, ketiga, dan keempat; 4) Uji validitas terdapat 18 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan; 5) Uji reliabilitas butir mempunyai tingkat kepercayaan sangat tinggi; 6) Uji taraf kesukaran terdapat 23 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan; 7) Uji daya beda soal terdapat 37 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan; dan 8) Uji efektivitas pengecoh/distractor terdapat 14 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan. Berdasarkan uji secara aspek kualitatif dan aspek kuantitatif dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang dapat digunakan adalah soal nomor 1, 3, 4, 5, 6, 9, 11, 13, 14, 17, 20, 21, 22, 24, 26, 27, 28 dan 37 karena lebih berkualitas.
Copyrights © 2021