Abstrak: Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis sebelum menggunakan model pembelajaran Kontekstual, 2) Untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran Kontekstual, 3) Untuk mengetahui respon siswa dalam menulis laporan pengamatan setelah menggunakan model pembelajaran Kontekstual di kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5B SDN 106806 Cinta Rakyat di semester II sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal dengan jumlah nilai persentasi dari 30% - 90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Bahasa Indonesia, Kemampuan Menulis Siswa
Copyrights © 2021