eCo-Buss
Vol. 4 No. 2 (2021): eCo-Buss

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Buddhi Dharma Tangerang)

Peng Wi (Universitas Buddhi Dharma)
Salikim Salikim (Universitas Buddhi Dharma)
Metta Susanti (Universitas Buddhi Dharma)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara parsial & simultan pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dalam penelitian pengetesan hipotesisnya dilakukan dengan menggunakan aplikasi Smart PLS (Partial Least Squares). Perilaku belajar mempengaruhi pemahaman akuntansi, dan nilai T static perilaku belajar adalah 3,752. Dimana nilai >1,984 menunjukkan signifikan, nilai sampel asli positif, dan 0,305 menunjukkan bahwa hubungan antara perilaku belajar dan tingkat pemahaman akuntansi bersifat positif. Nilai P sebesar 0,000 (<0,005) yang berarti memiliki efek terhadap nilai F-kuadrat sebesar 0,080 dan memiliki efek kecil. EQ mempengaruhi pemahaman akuntansi memiliki nilai T static EQ dengan nilai 0,589 Nilai < 1,984 menunjukkan tidak signifikan, nilai original sample positif, dan 0,073 menunjukkan hubungan antara EQ dengan tingkat pemahaman akuntansi bersifat positif. Nilai P ialah 0,556 (>0,005) yang artinya tidak mempengaruhi, nilai F-kuadrat sebesar 0,003, dan pengaruhnya dapat diabaikan. IQ tidak memiliki efek terhadap pemahaman akuntansi Nilai t static IQ sebesar 0,523, dimana nilai < 1,984 artinya tidak signifikan, nilai original sample bernilai positif, dan 0,096 artinya arah hubungan antara keduanya dengan tingkat pemahaman akuntansi positif . Nilai P sebesar 0,601 (>0,005) yang artinya tidak memiliki efekdan nilai F-kuadrat adalah 0,005 dan dampaknya dapat diabaikan. SQ tidak memiliki efek terhadap pemahaman akuntansi. Nilai T static kecerdasan spiritual ialah 0,845, dimana nilai <1,984 yang tandanya tidak signifikan, nilai sampel asli negatif, dan -0,109 berarti hubungan antara SQ dan pemahaman akuntansi adalah negatif Nilai P sebesar 0,398 ( > 0,005), yang berarti tidak memiliki efek. Nilai F-kuadrat adalah 0,011, dan dampaknya dapat diabaikan. Perilaku belajar, EQ, IQ, SQ secara bersama-sama mempengaruhi pemahaman akuntansi, 14.3795% dan 85.6205% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti: ceramah, diskusi, demonstrasi, eksperimen, karya wisata/studi banding, Media pembelajaran berupa: audio, visual, audio visual

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...