Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 6, No 2 (2022)

Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Titis Sunanti (Universitas PGRI Yogyakarta)
Laela Sagita (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ganung Anggraini (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematika siswa berdasarkan kemampuan siswa. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas 5 SD di Sampangan, Yogyakarta, Indonesia. Mereka dipilih dari 30 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu menggunakan representasi visual, simbolik dan verbal. Siswa dengan kemampuan sedang mampu menggunakan representasi visual dan simbolik namun kurang mampu menggunakan representasi verbal. Siswa yang berkemampuan rendah, tidak mampu menggunakan  representasi baik dalam bentuk visual, simbolik maupun verbal. Kemampuan melakukan representasi verbal disebabkan karena representasi ini jarang digunakan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...