Anoa : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosial, Politik, Budaya, Hukum. Ekonomi
Vol 2, No 3 (2021): OKTOBER

LITERASI MEDIA DARING SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ANAK-ANAK DI DESA NELAYAN TONDONGGEU, KOTA KENDARI

Zanynu, M. Aswan (Unknown)
Simatupang, Yunita (Unknown)
Dasmin, Dasmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Saat pandemi Covid-19 merebak di tahun 2020, kegiatan belajar yang awalnya dilakukan secara tatap muka di sekolah, berganti dengan bentuk pembelajaran daring. Meski grafik penderitanya telah bergerak turun, sampai akhir tahun 2021, pemerintah masih menerapkan sistem hybrid yang memadukan kelas tatap muka dan kelas daring sebagai bentuk kewaspadaan. Masalah yang kemudian muncul adalah kesiapan siswa, khususnya di jenjang sekolah dasar di wilayah persisir seperti di desa nelayan kelurahan Tondonggeu, Abeli, Kota Kendari. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bermaksud menambah pengetahuan anak-anak tersebut agar menjadi melek media daring. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, pemutaran video pembelajaran, dan tanya jawab. Hasil menunjukkan literasi media daring cukup signifikan dan sangat dibutuhkan untuk mengisi celah pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tidak didapatkan anak-anak di sekolah maupun di luar sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

anoa

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ANOA adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO). Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei (5) dan Oktober (10) dalam bentuk Online. Selain itu, ANOA akan menerbitkan Edisi Khusus setiap ...