Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 5, No 2 (2021)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Saputra, Yuda Ardi (Unknown)
Susilowati, Ayu Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

ABSTRAKPembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu dan dikemas dalam satu tema. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui model problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan uraian dengan analisis statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di beberapa muatan pelajaran, kecuali IPA. Pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di semua muatan pelajaran. Pada siklus III peningkatan hasil belajar di beberapa muatan pelajaran seperti Bahasa Indonesia, PKN dan IPS yang memperoleh peningkatan sebesar 100%. Untuk muatan IPA pada siklus III ini memperoleh peningkatan sebesar 90%, sedangkan untuk SBdP adalah 95%. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu.Kata kunci: Problem Based Learning Model (PBL); Tematik; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...