Bimbingan belajar yang efektif merupakan hal yang penting diera kebiasaan baru khususnya kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kebiasaan belajar siswa yang baik dan benar, sehingga bisa meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan, dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling (PTBK). Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan teknik pengumpul data yaitu (1) Teknik observasi langsung, (2) Teknik komunikasi langsung, (3) Teknik komunikasi tidak langsung, sedangkan alat pengumpul datanya yaitu (1) Pedoman observasi, (2) Panduan wawancara, dan (3) Angket. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pontianak dengan jumlah subjek penelitian 8 orang siswa. Hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingdapat meningkatkan belajar efektif pada siswa di SMP Negeri 17 Pontianak dengan presentase rata-rata 74% (kategori baik).
Copyrights © 2021