Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 7, No 4 (2021)

Penerapan Model Pembelahan Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Fisika Siswa SMA

Rahayu, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA dengan menggunakan model pembelajaran PjBL 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA dengan model pembelajaran PjBL 3) mengetahui besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA 4) mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Instrumen penelitian divalidasi oleh peneliti sebagai guru Fisika yang menajar di kelas X MIPA 1 dan Observer yaitu guru Fisika yang juga mengajar di SMA Negeri 1 Mandirancan. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah 1) penerapan model pembelajaran PjBL pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Mandirancan 2) besar peningkatan hasil belajar fisika rata-rata sebelum tidakan sebesar 53,34; Siklus I nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,38 dengan kategori sedang Pada siklus II nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 3) siklus I nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 85,6 dengan kategori baik dan siklus II nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 88,7 dengan kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains dari siklus I ke siklus II 4) langkah-langkah model pembelajaran PjBL yang terdiri dari:   pertanyaan   essensial, perencanaan, menyusun   jadwal, pengawasan, penilaian, dan evaluasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...