Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan aspek penting yang menjadi sasaran pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan. Namun pada kenyataannya, pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia masih menemui berbagai kendala. Salah satunya adalah keterampilan membaca dan memahami bacaan masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitia tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran Bahasa Indonesia materi Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi pada siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada setiap siklus terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Kelas VII F SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2020/2021.
Copyrights © 2021