Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 7, No 4 (2021)

Penerapan Strategi Context Clue Untuk Memperbaiki Kosakata Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Mandirancan

Dewi, Sri Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana kosakata siswa meningkat jika menggunakan stategi Context Clue. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Mandirancam yang berjumlah 36 siswa. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai metodelogi penelitian. Penelitian Tindakan Kelas diadopsi dari Kurt Lewin dan penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus. Menurut Kurt Lewin, desain penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengumpulan data kualitatif, instrumen yang digunakan adalah wawancara dan lembar observasi. Wawancara diarahkan untuk murid. Lembar observasi digunakan untuk memantau kegiatan peneliti dan siswa selama pengajaran. Sementara itu, untuk untuk mengumpulakan data kuantitatif, penulis menggunakan test sebagai instrument. siswa telah di uji dengan tiga tes. Yaitu pre-test, post-test 1 dan post-test 2. Hasil dari wawancara dari guru dan siswa, mereka merasa bahwa strategi ini meningkatkan kosakata mereka. Di observasi, disimpulkan hasilnya jika aktivitas pembelajaran selama pengajaran berjalan dengan baik dan menarik. siswa mengungkapkan perhatian mereka lebih baik setelah menggunakan context clue. Kebanyakan dari nilai siswa meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa inggris yaitu 75 (tujuh puluh lima). Nilai rata-rata siswa meningkat disetiap tes-tes yang ada. Dari semua penjelasan di atas, sebagai hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa strategi Context Clue bisa meningkatkan kosakata siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...