Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 7, No 4 (2021)

Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menelaah Struktur Teks Pidato

Tutiniah, Tutiniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Discovery Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Menelaah Struktur Teks Pidato pada siswa Kelas IXF SMP Negeri 1 Gunung Jati. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan subyek penelitian siswa Kelas IXF SMP Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi selama pelaksanaan tindakan dilakukan. Hasil penelitan menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa 66,59 dan dengan ketuntasan 40,63%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 80,28 dengan ketuntasan 81,25%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Kelas IX F SMP Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...