Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP)
Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)

PENINGKATAN KESADARAN MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA MELALUI PENDEKATAN HYPNOTEACHING (Media Dongeng Berbasis Daur Ulang Sampah)

Rudi Ritonga (Unknown)
Oki Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk boneka jari dengan karakter yang menarik dari bahan daur ulang sampah untuk meningkatkan kesadaran siswa Sekolah Dasar membuang sampah pada tempatnya menggunakan pendekatan hypnoteaching dengan metode mendongeng. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbentuk boneka jari dan mengetahui keefektifan menggunakan pendekatan hypnoteaching dengan metode mendongeng proses penelitian pengembangan mengikuti proses yang terdiri dari: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji pemakaian produk, (9) revisi produk. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah siswa kelas III SDN Ciasihan 02 Kec. Pamijahan, Kab. Bogor Prov. Jawa Barat yang berjumlah 28 siswa dengan rincian: 9 siswa untuk di uji coba skala kecil dan 28 siswa untuk uji coba pemakaian skala besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) telah menghasilkan media pembelajaran berbentuk boneka jari berbasis daur ulang sampah, (2) produk telah di uji validasi oleh beberapa ahli yaitu: ahli desain, ahli bahasa, ahli materi dan ahli pembelajaran dan menghasilkan media pembelajaran berbentuk boneka jari nilai 92.00% berkategori sangat layak dan efektif untuk digunakan siswa kelas III Sekolah Dasar, (3) uji coba produk terhadap 9 siswa mendapatkan nilai 92.89% dengan berkategori sangat layak dan efektif, (4) uji pemakaian produk bersama 29 siswa juga mendapatkan nilai 89.72% dengan berkategori sangat layak dan efektif di aplikasikan kepada siswa saat pembelajaran di kelas dan bisa menambah minat belajar kepada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmikp

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian danpengabdian kepada ...