JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol 7 No 2 (2022): Edisi Januari

Peran Penjas Dalam Implementasi Program Full Day School (FDS) Dilihat Dari Tingkat Kehadiran dan Prestasi Belajar Siswa

Januar Santoso (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Julianur (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Andy Widhiya Bayu Utomo (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peranan mata pelajaran penjas terhadap implementasi program full FDS terkait tingkat kebugaran jasmani yang berpengaruh terhadap kesehatan, tingkat kehadiran siswa, dan prestasi belajar. Hasil penelitian setelah melewati analisis data menggunakan rumus produk momen menunjukkan beberapa poin penting bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan tingkat kehadiran siswa dengan ????ℎ???????????????????? (0,424) > ????????????????????????(0,312); (2) Tingkat kehadiran signifikan mempengaruhi prestasi akademik dengan hasil perhitungan ????ℎ????????????????????(0,350) > ????????????????????????(0,312). Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran jasmani anak umur 10-12 tahun di SDM 4 Terpadu pada kategori “KURANG”. Kebugaran jasmani memberikan konstribusi positif terhadap tingkat kehadiran siswa dan kelancaran program FDS, kemudian tingkat kehadiran siswa berkorelasi positif terhadap prestasi akademik. Pencapaian prestasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun eksternal seperti kondisi kesehatan siswa, kemampuan kognitif, motivasi, fasilitas, metode pembelajaran dan manajemen waktu bermain serta belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...