AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan di STKIP Kusumanegara. Persepsi mahasiswa dibatasi pada lima aspek, antara lain: urgensi, efektivitas, keterbacaan, keterpahaman dan efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi data pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Kusumanegara yang sedang menempuh matakuliah Pengantar Ilmu Pendidikan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang kemudian prodi S1 Pendidikan Matematika terpilih menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner secara daring dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles & Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap penilaian sejawat secara daring pada mata kuliah Pengantar Ilmu PendidikanKata-kata kunci: penilaian teman sejawat; daring; Pengantar Ilmu Pendidikan
Copyrights © 2022